Waspada, Puluhan Ayam di Weru Mati Mendadak Terindikasi Flu Burung

821

CIREBON-Masyarakat harus waspada dan hati-hati terhadap flu burung, virus H5N1 ini dapat menular melalui makanan, minuman, maupun sentuhan. Selain itu, virus ini juga dapat menyebar malalui udara.

Gejala umum yang biasa ditemukan bagi penderita yang terjangkit virus ini diantaranya terjadinya demam tinggi, keluhan pernapasan dan keluhan di perut, penyebaran virus ini dapat berjalan cepat menjalar ke tubuh sehingga pasien perlu segera mendapatkan perhatian medis.

Salah satu cara untuk menghindari terjangkitnya virus ini adalah dengan menjaga kebersihan badan, rumah, lingkungan dan bagi yang memiliki hewan ternak, diharuskan juga agar dapat dibersihkan kandangnya secara berkala.

Virus tersebut menjangkiti segala macam jenis unggas seperti ayam dan burung, Indonesia sendiri termasuk kedalam negara yang banyak terjangkit virus tersebut.

Seperti yang terjadi di Blok Kawung RT 19,20 dan RW 04 Desa Megu Gede Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon beberapa hari yang lalu, dimana terdapat puluhan ekor ayam milik penduduk yang tiba-tiba mati mendadak, padahal sebelumnya kondisi ayam tersebut dalam keadaan sehat.

Dugaan awal dari matinya ayam-ayam itu dikarenakan virus flu burung dimana terdapat ciri-ciri yang mengarah ke arah sana, beberapa ciri dari kematian hewan tersebut diantaranya badanya yang berwarna hitam kebiru-biruan. (srp)

BAGIKAN