100 Peserta DSCX Siap Ikuti National Selection

BANDUNG-Perhelatan akbar kompetisi kewirausahaan DSC X ke-10 tahun 2019 yang digagas oleh Wismilak Foundation telah menyelenggarakan Regional Selection di Bandung pada 1 Oktober 2019.

Dewan Juri Diplomat Success Challenge (DSC|X) telah memilih 10 peserta yang lolos seleksi tersebut. Sebanyak 10 peserta yang lolos Regional Selection di Bandung adalah Delipel, KIDZ ADVENTURA, Banopolis, Seafood Kiloan, Kirapassa, Hear Me, Interlook, Cryptoscope, Sorgap Factory, dan Kylafood.com.

“Dengan rampungnya Regional Selection di Bandung, berarti DSC|X telah menyelesaikan seluruh rangkaian Regional Selection di 5 kota. Sebelum di Bandung, seleksi diadakan di Surabaya pada 14 September 2019, Yogyakarta pada 17 September 2019, Semarang pada 21 September 2019, dan Jakarta pada 26 September 2019,”kata
Anastesya Ftaraya, perwakilan dari Wismilak Group.

Dengan begitu, menurut Anastesya Ftaraya, saat ini ada 50 proposal bisnis dari peserta DSC|X yang merupakan hasil seleksi regional. Meski demikian, mengingat banyaknya proposal bisnis yang bagus dan potensial, maka di luar proposal tersebut, tim penilai DSC|X akan mengumumkan 50 proposal bisnis yang layak lainnya.

“Pengumumannya melalui website DSC|X pada 3 Oktober 2019. Sehingga, total proposal bisnis yang masuk National Selection sebanyak 100 proposal. Sesuai rencana, National Selection akan dilaksanakan di Surabaya pada 8 Oktober 2019 dan Jakarta pada 13 Oktober 2019,”ujarnya.

Perlu diketahui, secara kategori, proposal bisnis dari para peserta yang lolos Regional Selection yakni Surabaya didominasi oleh Food and Beverage, Start-up Digital, dan Agrobisnis; Yogyakarta didominasi oleh Food and Beverage dan Start-up Digital; kemudian Semarang didominasi oleh Start-up Digital; Jakarta didominasi oleh Food and Beverage dan Start-up Digital, Bandung didominasi oleh Food and Beverage dan Start-up Digital.

“Selanjutnya, setelah National Selection, sebanyak 20 finalis yang lolos berhak maju dan mempersiapkan dirinya di ajang Incubation Session. Incubation Session adalah fase pembekalan pengetahuan dan pendalaman kepada peserta,” papar Anastesya Ftaraya.

Sesuai rencana, Incubation Session akan berlangsung di Jakarta pada akhir Oktober 2019, sebelum tampil di Final Day yang akan digelar di De Tjolomadoe, Karanganyar, Jawa Tengah, pada 16-17 November 2019.

Ajang DSC|X ini berhasil meraih antusiasme tinggi dari para wirausahawan muda nasional sejak dibuka pendaftarannya secara online pada 15 Mei hingga batas waktu penyerahan proposal pada 17 Agustus 2019.

Dewan Komite DSC|X menerima sebanyak 12.500 proposal bisnis rintisan. Dominasi kaum milenial dalam kompetisi kewirausahaan itu begitu kuat, karena sekitar 80% peserta berasal dari rentang umur 20-35 tahun. Sementara itu, daerah asal peserta masih didominasi oleh Pulau Jawa dan Sumatera, dimana porsinya mencapai 90%.

Dari seluruh proposal yang masuk tersebut kemudian dikelompokkan ke dalam 7 kategori bisnis, yaitu Agrobisnis, Food & Beverage, Kriya & Fashion, Startup Digital, Teknologi Terapan, Services, dan
kategori lain-lain.Ajang DSC|X yang penyelenggaraannya berkolaborasi dengan Coworking Indonesia sebagai strategic partner ini memberikan edukasi, bimbingan dan pendampingan, serta kesempatan untuk berjejaring dan berkolaborasi dengan sesama peserta.

WISMILAK merupakan perusahaan rokok Indonesia yang didirikan pada tahun 1962 di Surabaya. Pada tahun 2012, Wismilak sukses melakukan penawaran umum perdana saham Perseroan kepada masyarakat dan menjadi Perusahaan Publik, PT Wismilak Inti Makmur Tbk.

Sejak sembilan tahun lalu, Wismilak melalui Wismilak Foundation konsisten menghadirkan kompetisi wirausaha yang di kenal dengan Diplomat Success Challenge (DSC) sebagai komitment memajukan aset wirausaha. Melalui DSC, Wismilak berusaha untuk dapat menggali potensi para wirausaha muda di seluruh Indonesia.Pada tahun 2019, penyelenggaraan DSC memasuki tahun ke-10. (rls)

[adrotate banner="13"]

Berita Terkait