2.000 Bibit Pohon Ditanam di Jalan Panyingkiran-Cigasong

DUA RIBU POHON:, Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah VIII, Muhammad Danny Fulton menanam bibit pohon di Jalan Panyingkiran – Cigasong, Sabtu (16/3). FOTO: ANWAR BAEHAQI/RADAR MAJALENGKA
DUA RIBU POHON:, Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah VIII, Muhammad Danny Fulton menanam bibit pohon di Jalan Panyingkiran – Cigasong, Sabtu (16/3).FOTO: ANWAR BAEHAQI/RADAR MAJALENGKA

MAJALENGKA – Ikatan Keluarga Alumni Sekolah Kehutanan Menengah Atas Cirebon Indramayu Majalengka Kuningan (IKA SKMA Ciayumajakuning) dan perwakilan Organisasi Pemuda, Instansi Kepolisian dan Pejabat Pemerintah Kabupaten Majalengka, melakukan aksi menanam 2.000 bibit pohon di sekitar jalan penghubung Kecamatan Panyingkiran dan Cigasong, Sabtu (17/3).

Muhammad Danny Fulton Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah VIII mengatakan gerakan penanaman ini dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Rimbawan ke 36 dan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia.

“Peringatan Rimbawan telah dilaksanakan sejak 1983 yang juga sebagai momentum berdirinya departemen kehutanan. Momentum hari Rimbawan kita gunakan sebagai momen kepedulian terhadap lingkungan,” ungkapnya.

Dirinya menjelaskan kegiatan ini memiliki banyak tujuan. Di antaranya adalah menutup lahan kosong hingga mencegah bencana banjir dan longsor. Penanaman ini juga bertujuan sebagai konservasi keanekaragaman hayati yang ada.

“Seperti diketahui penanaman pohon juga berfungsi sebagai pencegah bahaya global warming. Karena pepohonan dipastikan bisa menyerap karbon. Penanaman juga berfungsi untuk memulihkan kondisi lingkungan,” ujarnya.

Dirinya juga berharap dengan penanaman ini bisa mendukung pembangunan ketahanan pangan, energi dan ketersediaan air bersih.

“Diharapkan penanaman pohon ini akan tetap menjaga kelestarian lingkungan dan tentunya sumber mata air bersih juga akan terus ada keberadaannya,” harapnya.

Bupati Majalengka H Karena Sobahi menambahkan pentingnya berkomitmen dan peduli terhadap lingkungan untuk bisa menciptakan keasrian dan keindahan lingkungan.

“Penanaman pohon di sekitar jalan ini bisa mengurangi gas CO2 dan juga kebisingan yang dihasilkan dari kendaraan bermotor.

Upaya penanaman pohon juga sebagai upaya bersama dalam mengelola lingkungan agar kualitas udara tetap terjaga dengan baik dan menciptakan Jalur hijau di sepanjang jalan,” tambahnya. (bae)