Makin Kaya

oleh -5 views
(foto: getty images) REKOR Wayne Rooney bisa melebihi gaji Cristiano Ronaldo di Manchester United jika menandatangani kontrak baru.

(foto: getty images) REKOR Wayne Rooney bisa melebihi gaji Cristiano Ronaldo di Manchester United jika menandatangani kontrak baru.

MANCHESTER– Performa buruk Wayne Rooney pada Piala Dunia 2010 Afrika Selatan sama sekali tak mempengaruhi penilian petinggi Manchester United. Bahkan, Setan Merah -julukan United- menyodorkan kontrak anyar dengan gaji yang berlipat.
Saat ini Rooney dan keluarganya memang masih berlibur di Barbados. Namun, agennya telah membicarakan kontrak baru dengan David Gill, chief executive United. Sesuai dengan hasil pembicaraan itu, Rooney bakal dapat kontrak anyar sebelum kompetisi dimulai.
Tidak tanggung-tanggung, mantan pemain Everton itu bakal menjadi pemain dengan gaji tertinggi sepanjang sejarah United bila deal tercapai. Dia akan menerima bayaran sebesar 130 ribu pounds atau setara Rp1,79 miliar per pekan.
Sebelumnya, gaji tertinggi sepanjang sejarah United dipegang winger asal Portugal Cristiano Ronaldo yang kini membela Real Madrid. Dia dapat bayaran sebesar 120 ribu pounds atau setara Rp1,6 miliar. Kontrak tersebut didapat Ronaldo pada April 2007 lalu.
Selama ini, sesuai kontraknya yang baru akan habis pada Juni 2012 nanti, striker timnas Inggris itu mendapat bayaran 90 ribu pounds atau setara Rp1,24 miliar. Kenaikan gaji itu membuat Rooney melampaui gaji bek Rio Ferdinand.
Bisa jadi kontrak anyar itu untuk membangkitkan kembali motivasi Rooney yang menurun akibat performa buruk bersama Inggris pada Piala Dunia 2010. Lagipula, bagi Ferguson perpanjangan kontrak Rooney adalah hal yang krusial.
Sejak kepergian Cristiano Ronaldo ke Real Madrid, Rooney menjadi sosok utama bagi United. “Saya tidak berharap rasa sakit itu masih tersisa. Saya pikir, dia memang ada kecewa. Mereka memang merasa kehilangan sesuatu,” papar Ferguson, seperti dikutip Guardian.
“Tak perlu heran karena Piala Dunia hanya berlangsung empat tahun sekali. Sulit untuk berpartisipasi di dalamnya. Kami juga memiliki sejumlah pemain yang kembali ke klub dalam kondisi kecewa, bukan hanya Rooney,” ujar tactician asal Skotlandia itu.
Selain Rooney, ada beberapa pemain United lainnya yang gagal pada Piala Dunia 2010. Mereka antara lain Patrice Evra bersama Prancis dan Nemanja Vidic bersama Serbia. Mereka tersingkir di fase grup. Bahkan, bagi Prancis, kondisinya benar-benar kacau.
Selain itu ada winger Portugal Luis Nani yang bahkan tidak jadi ikut dalam skuad Portugal pada Piala Dunia yang kali pertama di Afrika itu gara-gara mengalami cedera di masa persiapan. Namun, masih ada pemain United yang bersinar.
Dia adalah rekrutan anyar Uniter Javier Fernandez. Striker berusia 22 tahun itu tampil memukau bersama Meksiko. Dia mencetak dua gol. “Satu pemain kami kembali dengan kondisi positif. Dia masih muda dan membuat kami terkejut,” lanjut Fergie.
“Jadi kami memang mendapat kekecewaan dengan beberapa pemain seperti Wayne, Nemanja, dan Patrice, tapi saya pikir kami juga mendapatkan efek positif dari pemain seperti Javier,” ungkap tactician berusia 68 tahun tersebut. (ham)