Werder Sulit Tahan Ozil

oleh -11 views
( foto: reuters) MAKIN MAHAL Mesut Ozil memikat banyak klub elit Eropa dan kemungkinan dilepas Werder Bremen karena kontraknya tersisa satu musim lagi.

( foto: reuters) MAKIN MAHAL Mesut Ozil memikat banyak klub elit Eropa dan kemungkinan dilepas Werder Bremen karena kontraknya tersisa satu musim lagi.

BERLIN– Sederet bintang timnas Jerman menjadi bintang di bursa transfer. Itu tidak lepas dari performa fantastis tim besutan Joachim Loew itu di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Salah satu bintang yang paling cemerlang adalah Mesut Ozil.
Kendati hanya mengantarkan Jerman ke peringkat ketiga Piala Dunia 2010, tapi Jerman dipuji lantaran permainan yang elegan dan menghibur. Itu terlihat dari jumlah gol yang mampu dilesakkan Jerman sepanjang turnamen. Mereka mengemas 16 gol.
Nah, Ozil sangat berperan besar atas permainan Der Panzer -julukan Jerman- yang menghibur. Gelandang serang berdarah Turki tersebut menjadi motor serangan Jerman. Dia cepat dan piawai dalam mengolah bola. Kendati berusia muda, tapi cukup matang.
Tak heran, seusai Piala Dunia 2010, dia langsung menjadi buruan bagi sejumlah klub elite Eropa. Sulit bagi klubnya Werder Bremen menolak bila ada tawaran menggiurkan. Apalagi, kontrak Ozil di Werder tinggal setahun lagi. Itu peluang bagi peminatnya.
Werder mulai mempertimbangkan untuk melego Ozil setelah pemain berusia 21 tahun itu tak kunjung meneken perpanjangan kontraknya. Kalau berlarut-larut, justru Werder bisa rugi besar. Sebab, Ozil bisa pergi dengan status free transfer musim depan.
Karena itu, manajer umum Werder Klaus Allofs mempertimbangkan menjual Ozil. Setidaknya dengan pamornya yang melonjak setelah Piala Dunia 2010, Werder bisa mengeruk pendapatan sebesar EUR 25 juta atau setara Rp288 miliar dari melego Ozil.
“Kami sebenarnya ingin memperpanjang kontrak Ozil untuk jangka waktu menengah bahkan panjang. Tapi, bila itu tidak memungkinkan, maka kami harus melihat situasi yang ada. Kami masih melakukan deal,” ungkap Allofs, seperti dikutip Soccernet.
Dari sejumlah klub yang berminat terhadap pemain yang digaet dari Schalke pada Januari 2008 tersebut yang paling getol adalah raksasa Italia Juventus. Belum ada tawaran resmi dari Juve, tapi mereka terus memantau perkembangan negosiasi kontrak Ozil.
Selain Juve, masih ada Real Madrid dan Chelsea. Bila saja negosiasi kontrak antara Werder dengan Oezil mentok, maka ketiga klub itu langsung siap dengan tawaran mereka. “Kami masih mengusahan negosiasi kontrak baru dengan dia,” papar Allofs.
Tidak hanya Ozil, ada sederet bintang Jerman lainnya yang membuat puyeng klub mereka. Seperti Sami Khedira dan Bastian Schweinsteiger. Dua pemain itu menjadi incaran Real Madrid. Khedira tampaknya sulit ditahan Stuttgart dan Schweinsteiger sudah meminta Bayern Munchen melepasnya.
Tidak berbeda dengan Ozil, kontrak Khedira di Stuttgart juga bakal habis dalam jangka waktu setahun ke depan. Karena itu, melepaskan pemain yang menggantikan peran Michael Ballack di Piala Dunia 2010 itu adalah opsi yang tidak buruk. (ham)