Bikin Pede

oleh -5 views
(foto: reuters) PALING SENIOR. Ryan Giggs tampil memuaskan di laga pertama pramusim Manchester United melawan Glasgow Celtics di Stadion Rogers Centre, Toronto, kemarin.

(foto: reuters) PALING SENIOR. Ryan Giggs tampil memuaskan di laga pertama pramusim Manchester United melawan Glasgow Celtics di Stadion Rogers Centre, Toronto, kemarin.

TORONTO– Manchester United mengawali tur pramusim di Amerika dengan meyakinkan. Meladeni Celtic di Rogers Centre, Toronto, Setan Merah -sebutan United- menang dengan skor telak 3-1, kemarin (17/7).
Dimitar Berbatov membuka kemenangan United dengan golnya di menit ke-34. Danny Welbeck dan Tom Cleverley yang masuk di babak kedua masing-masing menyumbang satu gol di menit ke-79 dan 86. Satu-satunya gol Celtic dicetak striker asal Yunani Giorgios Samaras dari titik penalti di menit ke-61.
“Saya sangat gembira melihat performa tim. Meski bukan skuad terbaik, mereka tampil bagus dan menghibur,” papar Alex Ferguson, pelatih United, sebagaimana dilansir Associated Press. “Pertandingan pertama adalah sesuatu yang saya harap bisa berjalan mulus. Sebab, di sini kami bisa mengukur kekuatan tim,” lanjutnya.
Pantas kalau Ferguson tampak sangat puas dengan kemenangan anak buahnya. Sebab, Ferguson memang tidak memanggil pemain-pemain yang baru pulang dari membela negaranya di Piala Dunia 2010. Selama tur di Kanada tidak ada nama skuad Inggris Wayne Rooney dan Michael Carrick, kapten Prancis Patrice Evra, defender Serbia Nemanja Vidic, dan gelandang Korea Selatan Park Ji-sung.
Sudah begitu, manajer asal Skotlandia tersebut juga tidak bisa membawa kapten Gary Neville, Rio Ferdinand, dan Owen Hargreaves yang cedera. Faktanya, tanpa mereka pun, pemain-pemain lapis kedua United masih mampu bersinar.
“Saya mencoba menggiring persiapan ini ke satu titik, di mana mereka mulai ingin terjun dalam pertandingan yang sesungguhnya,” jelas Ferguson. “Mereka sudah menjalani tujuh hari latihan di Carrington, empat hari di Chicago, dan mereka sudah gatal ingin main. Itulah gunanya pertandingan pramusim,” lanjutnya.
Dalam laga yang digeber di lapangan american football tersebut, Berbatov tidak hanya mencetak gol pertama Setan Merah. Dia juga menjadi inspirator tim sepanjang pertandingan. Untuk melengkapi aksinya di hadapan 39 ribu penonton itu, dia juga mengirim assist terhadap Welbeck yang berujung lahirnya gol kedua Setan Merah.
“Di babak kedua, ada beberapa momen fantastis yang dia (Berbatov) ciptakan. Itu menunjukkan satu hal, yakni kelas yang dia miliki. Tekanan sekeras apa pun tidak akan ada yang bisa membuatnya mundur,” puji Ferguson.
Kemenangan dengan skuad kelas dua ini, tak pelak membuat penggawa United kian percaya diri menatap musim baru yang digeber mulai 14 Agustus mendatang. Apalagi, masih ada satu penggawa lagi yang belum bergabung dengan mereka. Yakni Javi Hernandez, striker belia timnas Meksiko yang bersinar selama Piala Dunia lalu. Dia baru tiba pada 27 Juli, dan akan langsung gabung tim yang menjalani tur di AS.
Di sisi lain, bagi Celtic ini adalah kekalahan kedua selama pramusim. Rabu lalu (14/7), mereka menyerah 0-1 kepada tim lokal Philadelphia Union dalam laga di Seattle. Namun, pelatih Celtic Neil Lennon tidak begitu kecewa. Terutama karena lawannya kemarin punya level yang cukup jauh dari timnya.
“Saya sangat gembira dengan penampilan anak-anak,” kata Lennon kepada AP. “Saya pikir, level permainan mereka excellent, sudah meningkat dari pekan sebelumnya. Banyak hal positif yang terjadi di lapangan, dan performa kami menghadapi salah satu tim terbaik di Eropa ini sangat, sangat bagus,” paparnya puas.
Dari Kanada, United akan meneruskan tur ke Amerika Serikat. Sudah menunggu tiga lawan, yakni Philadelphia Union (21/7), Kansas City Wizard (25/7), dan bintang-bintang liga lokal yang tergabung dalam MLS All Stars (28/7). Sedangkan Celtic melawan Seattle Sounders hari ini. (na)