Banjir Mobil Produk Baru

oleh -10 views
MOBIL 15 JUTA. Vokalis Saykoji (kanan) bernyanyi bersama rekannya di samping mobil Chevrolet Spark di pameran kendaraan bermotor internasional Indonesia International Motor Show (IIMS) 2010, di Jakarta, kemarin (23/7).

MOBIL 15 JUTA. Vokalis Saykoji (kanan) bernyanyi bersama rekannya di samping mobil Chevrolet Spark di pameran kendaraan bermotor internasional Indonesia International Motor Show (IIMS) 2010, di Jakarta, kemarin (23/7).

JAKARYA – Hari pertama pameran mobil terbesar, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2010, di Jakarta International Expo Kemayoran, kemarin, langsung dihujani produk baru. Sebanyak 15 Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) memanfaatkan momen tersebut untuk melaunching kendaraan-kendaraan paling anyar mereka.
Sang pemimpin pasar, PT Toyota Astra Motor (TAM), merilis Grand New Corolla Altis atau facelift dari Altis yang kali pertama dirilis pada 2008. Wajah sedan seharga Rp328 juta (on the road DKI Jakarta) tipe E, Rp349,7 juta (tipe G), dan Rp380 juta (tipe V), itu lebih sangar. Grill depan diperbaru sehingga tampak seperti mata elang.
Performa mesin juga ditingkatkan dengan teknologi mesin terbaru dual VVT-I serta penggunaan teknologi transmisi terbaru super CVT-I 7 percepatan untuk tipe V. “Diharapkan dapat memenuhi kebutuhan para penggemar Corolla akan kenikmatan berkendara di samping juga desain yang lebih mewah,” ujar Presiden Direktur TAM Johnny Darmawan.
PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) merilis Swift GT3 hadir dengan menyempurnakan varian Swift sebelumnya. Mobil seharga Rp186,5 juta (manual) dan Rp197,5 juta (matik) itu diyakini akan menjadi idola baru bagi penggemar mobil dengan segmen pasar generasi muda. “Dengan hadirnya mobil ini, kami targetkan penjualan sepanjang IIMS 2010 sebanyak 600 unit untuk mendukung target sampai akhir tahun terjual 70 ribu unit,” kata Direktur Pemasaran SIS Endro Nugroho.
Untuk menambah daya tarik, pada stannya Suzuki juga memajang dua mobil konsep yaitu sedan Kizashi dan mobil MPV R3. “Kami tugaskan para sales untuk mencari respons masyarakat yang hadir di sini, agar kami dapat masukan apakah perlu memproduksinya untuk pasar Indonesia atau tidak,” terang Endro.
Sedangkan PT Ford Motor Indonesia (FMI) merilis Ford Fiesta yang bisa menjadi saingan kuat bagi Swift GT3. Fiesta dilego dengan harga mulai dari Rp167 juta, Rp177 juta, Rp187 juta, dan Rp215 juta. “Di hari pertama kami rilis sudah ada pesanan sebanyak 500 unit,” kata Direktur Pemasaran FIM Davy Tulian.
Di kelas premium, Mercedes Benz tidak mau kalah. Mobil sport dengan pintu guldwing yaitu Mercedes-Benz SLS AMG langsung memesona para penggemar otomotif  berkantong tebal. Kuota yang diberikan sebanyak 25 unit di Indonesia untuk mobil tersebut ternyata tidak cukup.
Wakil Direktur Pemasaran PT Mercedes-Benz Indonesia Yuniadi H. Hartono mengatakan, Indonesia hanya dijatah untuk menjual 25 unit mobil seharga Rp4,179 milyar (off the road) itu. Sementara, daftar pemesan sudah mencapai 40 unit. “Padahal kuotanya dari Jerman hanya 25 unit tahun ini untuk Indonesia,” ungkapnya.
Sebelumnya Mercy SLS AMG sudah banyak diulas media dan diperkenalkan di berbagai negara. Sehingga banyak masyarakat sudah mengetahui fitur dan keunggulan mobil dua pintu tersebut. Sementara di Indonesia, Mercedes Benz baru resmi merilisnya pada ajang IIMS 2010. “Karena kurang, pemesan harus sabar sampai tahun depan untuk mendapatkan mobil ini,” ujar Yuniadi.
Rekor mobil termahal yang dirilis di IIMS 2010 kemarin adalah Audi R8. Mobil tersebut dibanderol Rp5,3 miliar. PT Garuda Mataram Motor (GMM) selaku ATPM merek Audi di Indonesia mengklaim bahwa mobil sport tersebut baru memulai debutnya di dunia di IIMS 2010. “Kami berharap dengan membawa variasi mobil seperti ini akan meningkatkan citra Audi di Indonesia dan menjadikan Audi sebagai alternative pilihan bagi produk mobil mewah” kata Andrew Nasuri, Chief Executive Officer PT GMM.
ATPM lain yang melakukan launching produk barunya adalah BMW, Nissan, Chevrolet, Mitsubishi, Proton, Hyundai, Subaru, Foton, Fuso, Subaru, dan Kia. Sementara Honda dan Daihatsu fokus memamerkan mobil konsep untuk mobil masa depan. (gen/kim)