Ramadan, Seribu Motor Terjual

oleh -7 views
foto: m rona anggie INDEN. Pembelian motor Yamaha di Yamaha Mataram Sakti (YMS) saat ini mesti inden.

foto: m rona anggie INDEN. Pembelian motor Yamaha di Yamaha Mataram Sakti (YMS) saat ini mesti inden.

Yamaha Mio dan Jupiter Z Mendominasi
CIREBON – Masyarakat kelas menengah benar-benar memanfaatkan momen Lebaran untuk merealisasikan keinginan berkendaraan dengan membeli motor.
Marketing Promotion Yamaha Mataram Sakti (YMS), Yogas Arifianto menyatakan, memasuki pekan kedua setelah Hari Lebaran, ready stock motor Yamaha di YMS tak ada sama sekali. Hanya 3 unit motor yang dijadikan display produk di dealer Yamaha jalan Kalitanjung itu.
Kepada Radar, Yogas mengungkapkan, bila sepekan sebelum Lebaran pihaknya memang tak lagi menyediakan penjualan ready stock untuk semua tipe motor Yamaha. “Penjualan mulai saat itu sampai sekarang inden. Ini karena melonjaknya permintaan jelang Lebaran,” katanya, Minggu (19/9).
Yogas menerangkan mengapa saat ini ready stock semua tipe motor Yamaha di YMS kosong karena begitu kiriman tiba dari PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI), langsung diserahkan pada konsumen pemesan yang telah membeli secara inden sejak awal Ramadan.
“Jadi sejak H-7 sampai H+7 Lebaran, ready stock motor tak ada karena begitu kiriman datang langsung kami antarkan pada konsumen,” terangnya seraya memperkirakan sampai awal Oktober nanti kondisi showroom di YMS masih akan kosong oleh motor, sementara penjualan tetap berlangsung dengan sistem inden.
Disinggung penjualan selama Ramadan tahun ini, Yogas membeberkan, terjadi peningkatan dibanding Ramadan tahun 2009 dan tercatat sekitar 1.000-an unit motor Yamaha semua tipe diserap masyarakat dari YMS.
Ia menyebutkan tipe yang mendominasi penjualan masih jenis matik yakni Mio CW yang dibanderol Rp12 jutaan dan Jupiter Z yang ditawarkan Rp14 jutaan. “Berhubung YMS belum terlalu lama hadir di Cirebon, kami menganggap peningkatan penjualan selama Ramadan ini adalah suatu hasil yang positif,” tambahnya.
Terpisah, Supervisor Marketing Area Development PT YMKI, Herry Subarashi menuturkan, untuk wilayah Cirebon penjualan Yamaha selama Ramadan terlihat meningkat sekitar 10 persen. Ia menyebutkan peningkatan itu bisa dibilang peningkatan standar pasar Yamaha tiap bulan, belum menunjukan lonjakan yang signifikan.
“Namun begitu YMKI tetap mengapresiasi kepercayaan masyarakat pada Yamaha untuk menjadikannya sebagai kendaraan mudik,” ujarnya. (ron)