Argentina v Nigeria Bukan Laga Revans

oleh -2 views
(foto: getty images) BELUM FIT Lionel Messi dkk akan memulai perburuan gelar di Piala Super Spanyol melawan Sevilla, dini hari nanti.

DHAKA – Kiprah Alejandro Sabella bersama Argentina masih berlanjut. Setelah menorehkan kemenangan 1-0 atas Venezuela (2/9) di Kalkuta, India, dalam debut kepelatihannya, Sabella bakal memimpin laga keduanya menghadapi Nigeria di Stadion Bangabandhu, Dhaka, Bangladesh malam nanti WIB.
Pertemuan Tim Tango -sebutan Argentina- kontra Nigeria di Dhaka terjadi karena insiden Abuja pada 1 Juni lalu. Kala itu, Tim Tango secara mengejutkan kalah telak 1-4 dari tuan rumah Nigeria. Kekalahan itu pun sampai diselidiki FIFA karena dianggap tidak wajar dan ada indikasi melibatkan mafia pengaturan skor. Hasilnya, FIFA meminta kedua negara memainkan laga ulang di tempat netral.
“Ini memang laga ulang, tapi saya tidak berpikir ini sebagai laga revans. Kami akan berusaha meraih kemenangan, tapi tidak melakukannya karena ingin balas dendam,” ungkap Sabella di situs resmi AFA (Federasi Sepak Bola Argentina).
“Lagipula, laga kali ini berbeda karena kami turun dengan kekuatan terbaik,” tambah pelatih 56 tahun itu.
Ketika dipermalukan Juni lalu, Argentina yang kala itu masih ditangani Sergio Batista memang bermaterikan mayoritas pemain U-23. Hanya Pablo Zabaleta, full back asal Manchester City, eks pemain dalam skuad kala itu yang kembali terpilih dalam skuad saat ini.
“Saya berharap kami mengalami improve dibandingkan laga sebelumnya (lawan Venezuela), khususnya dalam urusan mencetak gol,” jelas Sabella.
Pemain terbaik dunia dua edisi terakhir, Lionel Messi, kembali menjadi tumpuan Argentina mendulang gol. Saat menghadapi Venezuela, Messi memang terlihat belum maksimal. Gol kemenangan Argentina pun lahir dari defender Nicolas Otamendi.
Sebagai catatan pula, sejak ditangani Sabella, ban kapten tim dialihkan dari Javier Mascherano kepada striker Barcelona itu. “Kami harus membiarkannya bahagia dan bebas dalam memainkan perannya di lapangan. Seorang pemain terpilih sebagai kapten karena kepribadiannya, tapi bisa juga karena dia adalah pemain hebat,” jelas Sabella lagi.
Sementara dari kubu Nigeria, skuad yang dibawa pelatih Samson Siasia di Bangladesh tidak mengalami banyak perubahan dibandingkan skuad Juni lalu. Di antaranya striker Ikechukwu Uche yang memborong dua dari empat gol Nigeria kala itu.
“Semoga saya bisa menjebol gawang Argentina lagi,” ujar Uche yang bermain di klub promosi Liga Primera Spanyol Granada itu. (dns)

Perkiraan Pemain

Argentina (4-3-3): 1-Romero (g); 3-Zabaleta, 2-Demichelis, 6-Otamendi, 5-Rojo; 8-Lucho, 14-Mascherano, 9-Pastore; 10-Messi (c), 20-Higuain, 7-Di Maria
Pelatih: Alejandro Sabella

Nigeria (4-4-1-1): 16-Aiyegnuba (g); 6-Okonkwo, 5-Ambrose, 2-Yobo (c), 3-Elderson; 7-Musa, 10-Mikel, 4-Joel Obi, 18-Obinna; 15-Uche; 9-Anichebe
Pelatih: Samson Siasia