Tabrakan Rp35 Miliar di Jepang

oleh -8 views

SHIMONOSEKI – Barangkali inilah tabrakan termahal di jalan raya yang pernah terjadi. Bayangkan, delapan Ferrari, tiga Mercedes-Benz, satu Lamborghini, dan satu Nissan Skyline bertumbukan. Ditambah dengan satu mobil ”sederhana”, Toyota Prius Hybrid, jadilah kecelakaan di Chugoku Expressway di Shimonoseki, Prefektur Yamaguchi, Jepang, Minggu sore (4/12) itu ”bernilai” sekitar 300 juta yen atau Rp2,5 juta poundsterling (atau sekitar Rp 35 miliar)!
Akibat kecelakaan itu pula, seperti dilaporkan BBC, sepuluh orang harus dilarikan ke rumah sakit. Tetapi, tak seorang pun mengalami luka serius. Yang justru sangat serius adalah dampak ke beberapa supercar yang terlibat insiden tersebut.
Menurut kepolisian setempat, beberapa supercar berada dalam kondisi parah dan mustahil untuk bisa diperbaiki lagi. Antara lain, dua Ferrari 430s, dua Ferrari 360 Modenas, dua Ferrari F355s, dan sebuah Lamborghini Diablo.
“Saya tak pernah melihat kejadian seperti itu sebelumnya. Setahu saya, Ferrari tak pernah melintas bersama dalam jumlah besar,” kata Letnan Eiichiro Kamitami, petugas patroli jalan raya kepolisian Shimoseki, kepada AFP.
Tak disebutkan identitas para pengendara mobil mewah yang terlibat kecelakaan itu dan asal mereka. Polisi, seperti dikutip koran The Asahi Shimbun, hanya menyebut mereka sebagai penggila mobil mewah.
Yang jelas, mereka memang sengaja berkonvoi bersama menuju Hiroshima. Insiden bermula ketika salah seorang pengendara Ferrari berusaha pindah jalur. Sialnya, dia membentur pembatas jalan sehingga mengakibatkan tabrakan beruntun.
“Kecepatan mereka saat kecelakaan itu 140-160 kilometer (km) per jam,” ujar seorang saksi mata yang tak disebutkan namanya kepada kanal televisi TBS. ”Tiba-tiba saja ada yang kehilangan kontrol dan terjadilah tabrakan beruntun itu,”  terang dia.
Di antara 13 kendaraan nahas itu, Toyota Prius yang merupakan mobil ”paling murah” dalam insiden tersebut sebenarnya tak termasuk rombongan konvoi. Kebetulan saja mobil yang di Indonesia berharga lebih dari Rp626 juta itu melintas di tempat yang sama.
Sedangkan di antara seluruh kendaraan supermewah yang mengalami insiden tersebut, hanya satu yang buatan Jepang sekaligus satu-satunya supercar made in Negeri Matahari Terbit itu sampai sekarang: Nissan Skyline GT-R. (c11/ttg)