Ratusan Kucing Beradu Gaya di National Cat Show CSB

oleh -6 views
CIREBON– Ratusan kucing tampil di acara “National Cat show” yang digelar oleh Indonesian Cat Association (ICA) Cirebon di Cirebon Superblock (CSB) Mall, 1-2 Juni. “Ada 40 peserta, dengan jumlah kucing 104 ekor. Padahal ini event nasional pertama di Cirebon. Tapi antusias pesertanya besar sekali, ada yang dari Jakarta dan lingkup Jawa,” kata wakil ketua ICA Cirebon, Muhammad Dimas.
Ada dua kategori dalam kontes kucing tersebut, yakni kelas Pedigree dan House Cat. “Kalau kelas Pedigree khusus untuk kucing-kucing yang punya sertifikat, kalau house cat kucing-kucing yang dijadikan sebagai kesayangan di rumah,” ujar Dimas.
Dia menambahkan, dari dua kategori tersebut dibagi lagi menjadi kelas untuk kitten, junior, open male dan female. “Ada beberapa hal yang masuk dalam penjurian, seperti warna atau corak bulu, kebersihan dan lain-lain,” tambahnya.
Dijelaskan Dimas, untuk kelas Pedigree dinilai dari kualitas bentuk kepala, warna mata, tekstur bulu, bentuk hidung, serta bentuk tulang. Sedangkan, untuk kelas House Cat lebih dinilai kesehatannya, seperti kesehatan bulu.
“Dengan event ini diharapkan kualitas dan ras kucing tetap terjaga. Untuk pecinta kucing bisa menambah teman dan pengetahuan tentang kucing serta cara merawatnya,” tukasnya.
Inun (40), salah satu peserta asal Jakarta yang membawa tujuh kucingnya untuk dilombakan pada kontes tersebut. Never Again, nama salah satu kucing milik Inun yang berhasil meraih predikat kucing terbaik kelas open. Kucing jenis persian itu lolos dari penilaian yang sudah ditentukan dari kebersihan hingga bodynya.
“Bersyukur bisa dapat predikat BIV, kucing terbaik. Ngerawatnya nggak sia-sia,” ucap Inun. (mik/rcc)