Meski Menurun, Pengangguran di Kuningan Masih 20.343 Orang

oleh -13 views

KUNINGAN– Jumlah angka pengangguran di Kuningan setiap tahun terus diupayakan untuk ditekan. Data yang diperoleh dari Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmgarasi Kuningan pada tahun 2012 angka pengangguran berjumlah 20.343 orang.

Jumlah ini mengalami penurun dari pada tahun 2010 yang berjumlah 27.158 atau menurun sekitar 7.000 orang. Jumlah pengangguran 20.343 itu terdiri dari 10.659 laki-laki dan 9.684 perempuan. Untuk data tahun 2013 sendiri belum bisa dipublikasikan karena biasanya data diakumulatifkan dalam setahun.

“Angka tersebut berdasarkan warga yang mencari kerja. Idikatornya bisa dilihat  dari jumlah calon tenaga kerja yang membuat kartu kuning,” ucap Kasi Penempatan Kerja Perluasan Lapangan Kerja pada Dinsosnaker Kuningan  Ajo Sudarjo, kemarin (3/5).

Menurut Ajo yang didampingi pengantar Kerja Suhendi, meski di Kuningan terbilang banyak lapangan perkerjaan tapi pencaker banyak yang tidak menarik. Sebab, lowongan kerja yang diberikan oleh perusaahan adalah sebagai marketing. Ini tidak sesuai dengan keinginan pencaker asal Kuningan.

Dengan begitu mereka lebih memilih mencari kerja keluar daerah. Apabila melihat angkanya yang menurun menunjukan bahwa angkatan kerja yang dihasilkan bisa bersaing meski hanya sebagai buruh.

“Saya pastikan dari ratusan orang yang membuat kartu kuning setiap bulan mayoritas mencari kerja ke luar daerah,” sebutnya.

Mengenai jumlah angka pengguran yang berjumlah 20.343 dibenarkan oleh pihak BPS Kuningan. Menurut Kasi Sosial Zaenal Aripin, jumlah tersebut berdasarkan pendataan BPS kepada penduduk usia 10 tahun ke atas.

Alasan yang didata usia 10 ke atas sesuai dengan aturan ILO International Labour Organization (ILO). BPS sendiri mendata bukan yang hanya mencari kerja tapi jumlah agkatan kerja dan berkerja sehingga bisa diketuhia jumlah yang riil.(mus/rcc)