Hari Ini Tarif Angkot Naik, Pelajar Rp2 Ribu, Umum Rp3 Ribu

oleh -4 views

KEJAKSAN- Meski belum ditetapkan secara resmi, tarif angkutan kota (angkot) sudah ikut naik sejak harga BBM dinyatakan naik. Pantauan Radar, tarif angkot menjadi Rp2 ribu untuk pelajar dan Rp3 ribu untuk masyarakat umum.

Sekretaris Organda Kota Cirebon, Karsono, membenarkan hal itu. Dikatakan, saat harga BBM sudah dinyatakan naik, pada hari itu juga tarif angkot sudah naik. Meski belum ditetapkan secara resmi, namun dia mengatakan kenaikan tarif tetap dijalani guna meminimalisasi gejolak dari para pengusaha angkutan.

“Untuk tarif kan sudah dibahas. Kenaikan BBM terjadi pada hari Sabtu, sementara pemerintah kota libur. Sehingga agar tak terjadi stagnansi, organda membuat surat edaran agar pengusaha angkutan kota sudah mulai menaikan tarifnya,” ujarnya. Surat edaran tersebut pun, sambungnya, sudah seatas izin pemerintah kota. Sementara penetapan tarif secara resmi baru diakui Karsono baru akan ditetapkan hari ini, di gedung BI. “Memang benar, untuk pelajar Rp2 ribu, dan Umum Rp3 ribu. Kita menaikan tarif sebelum ditetapkan secara resmi karena untuk mengantisipasi gejolak,” tukasnya.

Terpisah, Kabag Perekonomian Sekretariat Daerah Kota Cirebon Drs Agus Mulyadi MSi mengatakan terkait kenaikan tarif angkutan kota memang sudah masuk pada TPKT. Rencananya hari ini akan dilakukan pembahasan lanjutan. “Karena ini penting dan mendesak, akan kami selesaikan secepatnya,” tukasnya. (kmg)