Adu Pamor Kandidat Ballon d’Or

oleh -15 views

(Portugal v Argentina)

 

MANCHESTER – Siapa yang bakal menjadi pemenangan Ballon d’Or 2014 baru akan ketahuan pada Januari 2015 mendatang. Sejauh ini ada 23 pemain dari 11 negara yang masuk nominasi meraih penghargaan pemain terbaik mendatang. Tapi, dari jumlah tersebut, hanya bintang Argentina Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo asal Portuga yang paling difavoritkan.

Dominasi Messi dan Ronaldo dalam percaturan sepak bola dunia memang tidak diragukan lagi. Keduanya adalah sosok paling krusial bersama tim mereka sepanjang musim. Messi misalnya, di musim ini, pemain bertubuh mungil itu sudah mengkontribusikan 11 gol dan 11 assist bersama Barcelona di semua ajang kompetisi.

Sementara Ronaldo tidak kalah garang bersama Real Madrid saat musim 2014-2015 yang baru berjalan beberapa pekan ini. Dari total 17 laga di semua ajang kompetisi, mantan penggawa Manchester United itu sudah menjebol gawang lawan sebanyak 23 kali. Ronaldo juga rajin membuat assist bagi rekan setimnya, 9 kali.

Nah, kedua superstar sepak bola dunia itu akan terlibat bentrok secara langsung di lapangan dalam friendly match Portugal menjamu Argentina di Old Trafford, Manchester (tayangan langsung Kompas Tv pukul 01.15 WIB). Meski hanya bertajuk laga persahabatan, pertandingan yang akan berlangsung di markas Manchester United tersebut bakal menjadi panggung pertunjukan bagi Messi dan Ronaldo untuk membuktikan siapa yang paling terbaik.

Sebagai mantan penggawa The Red Devils (Setan Merah) -julukan United-, bermain di Old Trafford adalah sebuah keunggulan tersendiri bagi Ronaldo. Betapa tidak, pemain terbaik dunia 2013 itu pernah selama enam musim (2003-2009) bermarkas di stadion dengan kapasitas 75.731 penonton itu.

“Satu hal yang paling spesial dalam hidup saya adalah untuk kembali ke Old Trafford,” ujar Ronaldo seperti dilansir The Guardian. “Saya sangat berharap Portugal bisa memenangkan pertandingan ini,” lanjut pacar dari model asal Rusia, Irina Shayk itu. Sejauh ini, Messi dan Ronaldo sudah 26 kali terlibat langsung dalam bentrok di lapangan, baik saat membela klub maupun mewakili tim nasional. Nah, dari total pertemuan tersebut, tim yang dibela oleh Messi baik Barcelona dan Timnas Argentina cukup mendominasi dengan memenangkan 12 laga.

Sementara Ronaldo yang pernah mewakili Manchester United, Real Madrid serta Timnas Portugal hanya bisa memenangkan 7 pertandingan. Itu pun, semua kemenangan yang diraih oleh Ronaldo tersebut lebih banyak dilakukan bersama Los Blancos, julukan Real Madrid.

Meski begitu, kedua tim sama-sama datang dengan kepercayaan diri jelang laga persahabatan tersebut. Sebelumnya, Argentina sukses menggasak Kroasia dengan skor 2-1 dalam laga persahabatan (16/11) lalu. Sementara Portugal menang tipis atas Armenia tiga hari lalu.

Namun, dalam pertandingan dini hari nanti, pelatih Argentina, Gerardo ‘Tata’ Martino berencana bermain dengan skema yang tidak biasa (4-3-1-2), yaitu menurunkan tiga striker sekaligus. Carlos Tevez yang tampil gemilang bersama Juventus dalam dua musim terakhir akan ditandemkan dengan striker Manchester City Sergio Aguero serta Lionel Messi yang menjadi second striker.

“Mereka bertiga memiliki kelebihan di atas rata-rata, saya ingin memadukan mereka saat melawan Portugal,” ujar Tata. “Saya sangat senang melihat talenta-talenta baru dan melakukan eksperimen dengan mereka. Ini akan menjadi salah satu laga uji coba paling penting,” harap Tata. (dik)