Jembatan Kaligawe Jadi Percontohan

oleh -11 views
DENY HAMDANI/ RADAR CIREBON DIBANGUN: Petugas Polsek Waled melakukan pengamanan di proyek pembangunan Jembatan Kaligawe.

SUSUKANLEBAK – Jembatan Kaligawe yang sedang dilakukan pembangunan ini merupakan proyek percontohan yang menggunakan kontruksi berbeda dibandingkan dengan jembatan-jembatan lainnya di Kabupaten Cirebon.
Jembatan Kaligawe yang menghubungkan sejumlah desa di Kecamatan Susukanlebak yang ambruk awal tahun 2015 lalu ini juga merupakan jembatan pertama di Kabupaten Cirebon yang menggunakan sistem kontruksi pre-fabrikasi atau girder.
Projeck Manager kontraktor Jembatan Kaligawe, Carito kepada Radar Cirebon mengatakan, meskipun dengan anggaran yang terbilang minim, namun kualitas jembatan yang menggunakan sistem pre-Fabrikasi atau girder ini tidak perlu diragukan. “Pagu anggaran pembangunan jembatan ini adalah Rp3,6 milyar. Untuk segi kualitas memang ada beberapa komponen yang dihilangkan, tapi bukan pada kualitas. Kualitas tetap kelas satu. Hanya memang ada beberapa desain yang kita ganti yang tadinya reli pakai parapet, sekarang pakai lengan-lengan seperti semula,” katanya, kemarin (12/9).
Dengan menggunakan sistem girder ini, pihaknya mengklaim baru pertama dilakukan di Kabupaten Cirebon. “Menggunakan bor balok prekas beton, dengan baloknya girder. Dan jembatan ini juga tidak ada tiang tengah penyanggah, sehingga meskipun air sungai banjir itu tidak akan mengikis tihang penyanggah, dan akan semakin memperpanjang usia jembatan. Cuma untuk wilayah pedalaman Kabupaten Cirebon, baru satu yang menggunakan sistem kontruksi seperti ini,” ujarnya.
Ia juga menuturkan, Jembatan Kaligawe ini juga merupakan proyek percontohan di Kabupaten Cirebon yang menggunakan sistem girder. “Jadi sebagai proyek percontohan dari pihak PU untuk wilayah-wilayah pedalaman. Desember 2015 ini, kami usahakan selesai. Kami usahakan lebih cepat pengerjaannya,” tutur dia.
Terpisah, Kabid Peningkatan Jalan Dinas Bina Marga Kabupaten Cirebon, Ir Gatot Rachmanto mengatakan, usia jembatan yang akan dibangun ini bisa bertahan hingga 50 tahun. (den)