SMPN 2 Mundu Terapkan Ekskul Berbasis Akademik

oleh -15 views
ISTIMEWA/RADAR CIREBON TEROBOSAN: SMPN 2 Mundu membuat terobosan dengan menyediakan kegiatan ekstrakurikuler berbasis akademik.

MUNDU – Agar pelajaran bisa diserap siswa dengan baik dan optimal, SMPN 2 Mundu mempunyai cara yang cukup unik. Setiap mata pelajaran yang akan diujikan dalam Ujian Nasional dijadikan kegiatan ekstrakurikuler. Sehingga para siswa mampu mengembangkan kemampuan pada mata pelajaran tersebut di luar kegiatan sekolah.
Kepala SMPN 2 Mundu, H Suhartono menjelaskan, hal itu merupakan terobosan agar siswa menyukai pelajaran yang diujikan. “Rata-rata siswa kan pusing untuk mempelajari mata ujian nasional. Belum apa-apa sudah pusing duluan. Nah, ini kita cari cara agar siswa rajin belajar atau setidaknya menyukai pelajaran itu,” ujarnya.
Dengan dijadikan kegiatan ekstrakurikuler, kata Suhartono, setidaknya bisa menambah minat siswa untuk belajar. “Kalau di dalam kelas mungkin bosan. Tapi, kalau di luar kelas ataupun di luar jadwal pelajaran yang ada, siswa mampu mengembangkan kemampuan belajar mata pelajaran UN ,” jelas dia.
Suhartono sangat yakin kegiatan ini mampu mendongkrak prestasi siswanya. “Saya yakin siswa bisa menguasai pelajaran yang diujikan. Saya yakin teknik ini mampu memotivasi siswa yang malas belajar,” lanjut dia. (den/opl)