Melihat Dari Dekat Tradisi Panjang Industri Otomotif Dunia, Tokyo Motor Show (1)

oleh -6 views
Tokyo Motor Show

Bukan Hanya Inovatif, Industri Otomotif Menyerap Kebutuhan di Masa Depan

Sebuah ajang bergengsi yang mempertontonkan kemajuan dan perkembangan industri otomotif dunia berlangsung di Tokyo. Tokyo Motor Show ke-44 berlangsung dengan gegap gempita menampilkan hampir semua pemain-pemain besar pasar otomotif dunia saat ini. Wartawan Radar Cirebon, Imam Taufan Nugroho, menghadiri undangan salah satu pabrikan terbesar di Jepang saat ini.

LIHAT saja, di kategori kendaraan roda dua misalnya. Hadir produk-produk yang berasal dari nama pabrikan yang biasa kita dengar seperti Honda, Kawasaki, Suzuki hingga nama yang sedikit asing seperti Victory atau Polaris. Atau di kategori kendaraan komersial yang diisi oleh nama-nama beken yang telah secara asosiatif melekat dengan jenis kendaraan yang dibuatnya. Sebut saja Mitsubishi-Fuso atau Hino.

Event Tokyo Motor Show ini sendiri merupakan acara dua-tahunan yang sudah berlangsung selama hampir 60 tahun sejak pertamakali diselenggarakan di tahun 1954. Sejak pertama kali diadakan itu pula, ia kemudian menjelma menjadi tradisi yang merayakan kemajuan industri otomotif dunia, yang bukan kebetulan pula didominasi oleh pemain-pemain ‘lokal’ Jepang.

Sejarah panjang penyelenggaraan ajang ini, membuatnya seakan menjadi saksi bagi pertumbuhan industri, dan juga teknologi otomotif Jepang. Dan karena industri otomotif Jepang merupakan tulang punggung industri otomotif dunia, maka peran yang dimainkan ajang ini juga menjadi teramat signifikan.

Pada penyelenggaraannya kali ini, Tokyo Motor Show ke-44 yang berlangsung dari tanggal 28 Oktober hingga 9 November 2015 mengambil tempat di Tokyo Big Sight, nama popular dari Tokyo International Exhibition Center, yang merupakan tempat konvensi terbesar yang ada di Jepang saat ini.

Dengan keterlibatan lebih dari 100 vendor yang berasal dari berbagai sektor yang ada pada industri otomotif modern, mulai dari sektor utama yang memproduksi kendaraan hingga ke sektor pendukung seperti produsen spareparts atau karoseri, pameran ini merupakan ajang para pemain di industri ini akan mempertunjukkan produk-produk yang ada di garda depan garis produksi mereka. Karenanya, berbagai mobil konsep yang ditampilkan menjadi tampilan utama yang mencuri perhatian pengunjung.

Namun selain menampilkan mobil-mobil konsep yang futuristik, Tokyo Motor Show juga diisi dengan mobil-mobil yang disiapkan untuk segera diluncurkan ke pasaran pada waktu-waktu mendatang. Pada kategori ini, salah satu yang paling menarik perhatian adalah apa yang ditampilkan oleh Daihatsu yang memamerkan empat kendaraan yang didaulat sebagai the world premiere of four models (empat model premier dunia), sebagai produk terbaru dari Daihatsu.

Empat mobil dengan desain segar itu hadir dengan teknologi terbaru garapan Daihatsu di Tokyo Motor Show kali ini. Daihatsu dan the world premiere of four models. Pada ajang Tokyo Motor Show kali ini, Daihatsu mengusung jargon “Possible!” yang mendasarkan diri pada konsep “Your heart will race” yang merupakan tema utama pameran.

Di ajang ini, Daihatsu ingin menunjukkan bagaimana sebagai produsen mobil, pabrikan ini terus berinovasi untuk membuat semua pengendara bahagiadan ber-sukacita dalam keseharian. Ini diretas oleh Daihatsu dengan evolusi inovasi berkelanjutan dalam produksi kendaraan mini sebagai bagian dari aktivitas sehari-hari.

Daihatsu sendiri menyatakan kendaraan-kendaraan yang dipamerkan pada ajang Tokyo Motor Show kali ini sebagai kendaraan komuter masa depan yang secara serius menjadikan gaya hidup di masa depan sebagai pertimbangan utamanya. Masa depan adalah masa dimana akan muncul tuntutan terhadap kendaraan-kendaraan yang mampu memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang berbeda.

Karenanya, kendaraan-kendaraan yang ditampilkan oleh Daihatsu di booth-nya memang merupakan respon terhadap kebutuhan khusus dan berbeda tersebut. Lihat saja NORI ORI yang seakan dibuat untuk memudahkan kakek dan nenek yang sudah sepuh untuk masuk dan keluar kendaraan; atau Tanto, kendaraan super-friendly yang sempurna bagi anda yang memiliki anak kecil.

Seperti pada ketiga produk yang lain, kemudahan memang menjadi kata kunci yang dijanjikan oleh Daihatsu NORI ORI. Konsep NORI ORI memberikan perhatian secara khusus pada aktivitas “masuk dan keluar dari mobil”.

Aktivitas yang menjadi hal pertama yang dihadapi oleh siapa saja yang menggunakan mobil. Untuk itu, Daihatsu mengusulkan gagasan “the multi-use commuter of the near future”, sebuah inspirasi untuk kendaraan komuter multi fungsi dari masa depan. Konsep ini dipakai sebagai arah dalam memproduksi mobil dengan akses mudah,ringkas dan lengkap dengan lantai ultra rendah, akses pintu 2-way yang luas terbuka. Tak hanya itu, mobil mini ini juga dilengkapi dengan electric slope untuk memudahkan berbagai keperluan, seperti memuat stroller atau kursi roda. Fitur-fitur ini semua dirancang untuk membuat pengguna mobil lebih mudah untuk masuk dan keluar dari mobil.

Sementara Daihatsu TEMPO menyajikan gagasan “a new genre-space commercial vehicle”. Dari gagasan itu, Daihatsu menciptakan bentuk baru kendaraan komersial mini yang hadir dengan penggunaan platform FF* 1 secara penuh. TEMPO akan digunakan sebagai Moving Sales vehicle yang menawarkan fleksibilitas fungsi ruang lantai, sebagai salah satu keuntungan utama dari Kendaraan FF.

TEMPO ini muncul sebagai respons terhadap perubahan gaya bisnis yang muncul pada banyak keluarga urban saat ini. Seiring pertumbuhan internet, banyak bisnis yang muncul dari rumahtangga-rumahtangga yang seringkali dikelola bersama oleh anggota keluarga. TEMPO menawarkan kemudahan kendaraan angkutan yang secara khusus dirancang bagi anda pelaku bisnis rumahan yang mungkin saja tidak familiar mengendarai kendaraan angkutan besar.

Selain itu, Daihatsu akan memamerkan D-base, kendaraan yang mewujudkan konsep generasi selanjutnya dari konsep mobil kompak Daihatsu. Sebagai mobil yang digadang sebagai mobil generasi berikutnya, mobil ini dijanjikan akan ramah lingkungan melalui teknologi mesin dengan pembakaran internal dari konsep teknologi Terbaru Daihatsu. T

ak hanya itu, semangat inovatif Daihatsu juga diungkapkan melalui konsep environmentally smart design yang stylish. Di antara barisan mobil mini Daihatsu itu, hadir juga HINATA, kendaraan mini basic terbaru yang memadukan penyempurnaan desain bulat dengan fungsi ruang yang optimal. HINATA hadir dengan desain yang mengekspresikan nuansa alami santai. Lengkap dengan pintu ganda di kedua sisi dan berbagai fitur pengaturan kursi.

Desain ini diharapkan membawa nuansa santai dan alami bagi yang mengendarainya. Dan dari model yang dipajang dalam pameran, keempat mobil hadir dengan warna oranye, hijau surf, Hijau Muda, dan Biru Muda yang nge-jreng dan segar. Warna-warna itu seolah menjadi pesan bahwa mobil ini cocok untuk anak muda atau generasi baru.

Seiring dengan 4 kendaraan mini terbaru itu, Daihatsu akan memamerkan Sport Cast, yang sebelumnya dirilis dan diumumkan pada 9 September, serta edisi Speasial Color Cast Activa dan Cast Style. Selain itu, Daihatsu juga memamerkan 10 kendaraan komersial andalannya. (*/bersambung)