Absen Elektronik Bukan Jaminan Semua PNS Disiplin

oleh -14 views
TANGKAP: Anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sumedang, menangkap basah belasan PNS di lingkup Pemkab Sumedang, berkeluyuran saat jam kantor. FOTO: ISTIMEWA/ SUMEDANG EKSPRES

SUMEDANG – Belasan pegawai negeri sipil (PNS) di lingkup Pemkab Sumedang, terjaring razia disiplin yang dilakukan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sumedang.

Belasan PNS tersebut, kedapatan berkeliaran di pusat perbelanjaan yang ada di Sumedang Kota saat jam kantor, Jumat (8/4). Melihat Satpol PP yang melakukan razia, PNS yang mangkir tugas seolah menghindar. Namun dengan sigap, anggota Satpol PP yang dibagi menjadi empat regu, berhasil menggiring mereka untuk didata.

“Kami sempat kucing-kucingan. Tapi akhirnya mereka kami mintai keterangan dan didata,” ujar Kasatpol PP Kabupaten Sumedang Asep Sudrajat saat dikonfirmasi Sumeks (Radar Cirebon Group), kemarin (8/4).

Selain menjaring razia PNS yang keluyuran, pihaknya juga selama tiga hari ini melakukan inspeksi mendadak (sidak) absensi pegawai ke semua SKPD. Sidak dilakukan dalam upaya menindaklanjut Peraturan Bupati, Nomor 39 tahun 2016, tentang disiplin PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumedang.

“Sidak ini memang sengaja kami lakukan dalam upaya penegakan kedisiplinan pegawai. Soalnya, sistem absen elektronik seperti sekarang ini, tidak bisa menjamin pegawai lebih disiplin. Buktinya, masih saja banyak pegawai yang datang hanya untuk absen sidik jari, setelah itu mereka keluyuran dan datang lagi pas absen pulang,” katanya.

Guna meminimalisir kenakalan pegawai tersebut, dia menegaskan, Satpol PP akan terus melakukan sidak absensi secara rutin dan kontinyu ke setiap SKPD. “Sidak ini akan kami lakukan secara rutin, tapi waktunya akan kami acak biar tidak bocor. Selain akan mengecek kehadiran, kami juga akan mengecek kedisiplinan lain pegawai, seperti pengecekan apel pagi, kerapian kantor, kerapian seragam pegawai, serta yang lainnya,” tegas Asep.

Menurut Asep, hasil temuan dari sidak kedisiplinan pegawai itu, nantinya akan direkomendasikan kepada pimpinan. Dalam hal ini, akan dilaporkan kepada Wakil Bupati Sumedang untuk ditindaklanjut.

“Semua ini sengaja kita lakukan semata-mata untuk perbaikan kinerja pegawai. Supaya para pegawai di lingkungan pemkab ini bisa benar-benar disiplin dalam bekerja, dan memiliki kualitas kerja yang lebih baik,” tuturnya. (her)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *