Kolang-kaling; Sudah Mahal, Sulit Dicari

oleh -31 views
PRIMADONA: Pedagang kolang-kaling, Robi Sugana membuka lapaknya di Pasar Kanoman,Senin (13/6). Berbagai bahan takjil mengalami kenaikan harga karena banyak permintaan.

PEKALIPAN – Lantaran banyak permintaan, stok kolang-kaling belakangan sulit dicari. Saking sulitnya, belakangan harganya juga naik dari Rp18 ribu/kg menjadi Rp25 ribu/kg. “Sekarang mahal, sudah begitu barangnya susah dicari,” tutur pedagang kolang-kaling di Pasar Kanoman, Robi Sugana, kepada Radar, Senin (13/6).

Selain kolang-kaling, bahan untuk membuat takjil seperti, biji selasih, cincau, cendol, rumput laut, pisang gepok dan gula merah juga mulai sulit dicari. Kalupun ada, harganya ikut naik. Kondisi ini disebabkan meningkatnya permintaan untuk bahan takjil. Pedagang, kata dia, tidak mempersoalkan kondisi ini. Sebab, barang yang dijual memang tidak bisa bertahan lama.  “Yang penting laku. Karena yang kayak begini gampang basi,” tuturnya.

Pedagang lain, Agus Mulyadi menyampaikan meski harga kolang kaling naik antara Rp5-7ribu/kg tak membuat omzetnya menurun. Dalam sehari, Agus mengaku paling sedikit menjual setangah kwintal kolang kaling super dari yang biasanya hanya 20kg. “Yang beli sih ada saja, ini berkah Ramadan,” ucapnya. (via)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *