Mulai Hari Ini, Cireks dan Tegal Bahari Ganti Gerbong Baru

oleh -70 views
Ilustrasi. Foto: Okri Riyana/Radar Cirebon

KEJAKSAN – PT Kereta Api Indonesia (KAI) melakukan rotasi eksistensi sarana untuk Kereta Api Cirebon Ekspres dan Kereta Api Tegal Bahari relasi Cirebon-Gambir (PP) hari ini, Selasa (18/10). Corporate Communication PT KAI Daop 3 Cirebon, Krisbiyantoro mengatakan, perubahan sarana ini dikhususkan pada KA jarak menengah, rangkaian kereta kelas bisnis (K2) diganti dengan rangkaian kereta baru kelas ekonomi new image (K3 New).

“Tahun 2015 lalu, secara bertahap PT KAI mulai mengganti rangkaian kereta lama dengan yang baru untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi pengguna jasa kereta api,” ujar Krisbiyantoro, kepada Radar, Senin (17/10).

Perubahan sarana berlaku sejak 15 Oktober, yakni KA Senja Utama dan Fajar Utama yang semula menggunakan sarana kereta ekonomi AC menjadi kereta bisnis. Kemudian mulai 16 Oktober, KA Sancaka yang semula menggunakan sarana kereta bisnis menjadi kereta ekonomi AC.

Mulai 18 Oktober, KA Cirebon Ekspres dan Tegal Bahari yang semula menggunakan sarana kereta bisnis menjadi kereta ekonomi AC. KA Mutiara Selatan yang semula menggunakan sarana kereta ekonomi AC menjadi kereta bisnis. KA Argo Parahyangan yang semula menggunakan sarana kereta bisnis menjadi kereta ekonomi AC.

Sehubungan dengan penggantian rangkaian menjadi kereta baru kelas ekonomi new image (K3 New) ini, lanjut dia, bagi penumpang KA Cirebon Ekspres dan Tegal Bahari yang telah memesan dan membeli tiket pelayanan kelas bisnis akan mendapatkan pengembalian bea sebesar 50 persen.

Pengembalian bea ini dilakukan pada hari keberangkatan KA yang tercetak di tiket atau boarding pass di Stasiun Kedatangan atau stasiun lain yang memungkinkan pada kesempatan pertama. “Caranya dengan menyerahkan tiket atau bording pass kepada petugas yang melayani pengembalian bea,” jelasnya. (mik)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *