Dari Mana Asal Monyet Liar yang Resahkan Warga Desa Tinggar?

oleh -117 views
Ilustrasi. Foto: Istimewa

KUNINGAN – Keberadaan monyet-monyet liar di sekitar Desa Tinggar, Kecamatan Kadugede, Kabupaten Kuningan, sudah meresahkan warga. Selain mencuri buah pertanian, juga kerap mendatangi permukiman warga.

Menurut Mimin, warga Tinggar, monyet-monyet itu mulai terlihat sekitar tiga bulan terakhir. Jumlahnya pun hanya beberapa ekor saja.

Namun, belakangan keberadaan monyet semakin banyak dan tak lagi malu-malu menampakkan diri muncul di tengah permukiman warga hingga bergelantungan di kabel listrik.

Mimin dan warga Tinggar lain tak mengetahui dari mana monyet-monyet liar tersebut berasal. Namun warga menduga, kawanan monyet tersebut berasal dari rumah penangkaran monyet di sekitar Desa Bayuning yang lepas.

“Kalau dari Gunung Ciremai sepertinya tidak mungkin karena sangat jauh. Bisa jadi monyet ini lepas dari kandang penangkaran yang sudah ada di Bayuning sejak beberapa tahun terakhir,” kata Didi warga Desa Tinggar yang lain.

Didi pun mengaku tidak mengetahui baik lokasi, pemilik maupun fungsi keberadaan penangkaran monyet di Desa Bayuning tersebut. Banyak rumor yang beredar di masyarakat tentang rumah penangkaran monyet tersebut, namun Didi tak mau menyimpulkan karena alasan khawatir disalahkan.

“Kalau memang ada penangkaran monyet di Bayuning dan benar monyet-monyet ini berasal dari sana, kami berharap pengelolanya bertanggung jawab menangkap dan memasukkan kembali ke kandang,” ujar Didi diamini warga yang lain.

“Warga khawatir keberadaan monyet-monyet ini semakin hari semakin banyak dan mengganggu kehidupan warga, terutama terhadap kelangsungan pertanian di sini,” ujarnya lagi. (taufik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *