Alhamdulillah, 50 MCK untuk 17 Desa di Kabupaten Kuningan Selesai Dibangun

oleh -14 views
SIMBOLIS: Bupati Kuningan Acep Purnama menyerahkan bantuan fasilitas MCK kepada warga dari CSR PT Bio Farma, Jumat (17/3). Foto: Taufik/Radar Kuningan

KUNINGAN – Sebanyak 50 fasilitas mandi cuci kakus (MCK) dibangun di 17 desa di Kabupaten Kuningan. Fasilitas MCK tersebut dibangun dari program coorporate social responsibility (CSR) PT Bio Farma (persero) Bandung.

Fasilitas MCK itu secara resmi diserahkan kepada masyarakat di Kantor Desa Darma, Kecamatan Darma, Jumat (17/3). Bupati Kuningan Acep Purnama bersama Kepala Divisi Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) Bio Farma R Harry berkesempatan langsung menyerahkan program CSR tersebut kepada penerima bantuan.

Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan penyerahan bibit pohon sekaligus pengobatan gratis kepada masyarakat Desa Kadugede dan sekitarnya.

“Kegiatan CSR Bio Farma di Kabupaten Kuningan ini merupakan perwujudan pogram pemerintah bertajuk BUMN Hadir untuk Negeri yang kali ini dalam bentuk pembangunan 50 MCK di 17 desa di Kabupaten Kuningan. Serta hari ini (kemarin, red) dilaksanakan kegiatan pengobatan gratis untuk 1000 warga Darma dan sekitarnya,” kata Herry dalam sambutannya.

Herry mengatakan, kegiatan CSR pembangungan 50 MCK tersebut berlangsung sejak Oktober 2016 lalu dan akhirnya secara resmi diserahkan kepada masyarakat pada Jumat (17/3). Dia berharap, keberadaan MCK tersebut bisa memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar dan mengubah pola hidup masyarakat menjadi lebih sehat.

Bersamaan dengan kegiatan penyerahan program CSR kali ini, kata Herry, juga dilaksanakan kegiatan bakti sosial berupa pengobatan gratis bagi masyarakat Desa Darma dan sekitarnya. Dalam kegiatan ini, banyak dokter Bio Farma yang dilibatkan untuk melayani 1.000 masyarakat yang ingin berobat dan memeriksakan kesehatan mulai dari tekanan darah, tingkat kolesterol hingga asam urat.

Bupati Kuningan Acep Purnama mengapresiasi kegiatan CSR PT Bio Farma kali ini yang telah membangun fasilitas sanitasi dan akses air bersih bagi masyarakat pelosok di Kabupaten Kuningan. Program tersebut, kata Acep, selaras dengan program Pemkab Kuningan dalam menuntaksan permasalahan sanitasi buruk yang masih banyak ditemukan di Kabupaten Kuningan.

“Program pembangunan MCK oleh PT Bio Farma sebagai bentuk dukungan kepada Pemkab Kuningan yang menargetkan Kabupaten Kuningan 0% sanitasi buruk. Mudah-mudahan program ini bisa terus berjalan dan menjangkau masyarakat di wilayah timur dan utara Kabupaten Kuningan,” kata Acep.

Atas bantuan tersebut, Acep pun berpesan kepada warga di 17 desa yang mendapat bantuan MCK untuk turut serta menjaga dan merawatnya. Jika ada kerusakan atau masalah, maka diharapkan partisipasi masyarakat untuk melakukan perbaikan secara swadaya agar keberadaannya dapat terus bermanfaat bagi warga sekitar. (fik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *