Wow, Tahun Depan Dana Desa Naik 2 Kali Lipat

oleh -28 views
KUNJUNGAN KERJA: Meneteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo disambut tari topeng saat mengunjungi Desa Pabedilan Kaler, Kecamatan Pabedilan, Kabupaten Cirebon, Jumat (28/4). Foto: Andri Wiguna/Radar Cirebon

CIREBON – Pemerintah pusat terus meningkatkan dan memfokuskan pembangunan pedesaan dengan menambah dana desa (DD). Sejak program DD diluncurkan 2015, anggaran terus dinaikkan setiap tahunnya hingga sekarang.

Hal itu diungkapkan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transimgrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo saat mengunjungi Desa Pabedilan Kaler, Kecamatan Pabadilan, Kabupaten Cirebon, Jumat (28/4).

Menurutnya, setiap tahunnya anggaran dana desa meningkat. Apalagi untuk tahun depan jumlah untuk anggaran desa meningkat drastis sampai dua kali lipat dari tahun sekarang.

“Tahun depan, pemerintah akan mengalokasikan dana desa hingga Rp 120 triliun. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan dengan alokasi tahun ini yang hanya mencapai Rp 60 Triliun,” kata Eko.

Eko menerangkan, dengan jumlah DD yang besar tersebut, diperkirakan setiap desa akan mendapatkan Rp 1,6 miliar. Tidak hanya itu, dengan jumlah tersebut akan bertambah dengan adanya anggaran dana desa (ADD) dari pemerintan daerah.

Sejauh ini, kata Eko, penyerapan dana desa berjalan secara maksimal dari setiap tahunnya. Sebelumnya, penyerapan dana desa mencapai 80 persen, sekarang sudah mencapai 99 persen.

Tidak hanya Pabedilan, Eko mengunjungi sejumlah tempat di Kabupaten Cirebon. Seperti menyambangi warga Desa Trusmi, Kecamatan Weru dan lainnya. (cecep)  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *