Finalis Jaka Rara Outbound sebelum Final

oleh -20 views
MENUJU FINAL: Sepuluh besar Jaka Rara mengikuti outbond yang dilaksanakan di Kompleks Perkantoran Stadion Bima, Minggu (7/5). FOTO: APRIDISTA SITI RMADHANI/ RADAR CIREBON

CIREBON – Rangkaian pemilihan Duta Budaya Pariwistaa Jaka dan Rara 2017 menyisakan 10 pasang. Sebelum memasuki babak final yang dilangsungkan 21 Mei mendatang, mereka mengikuti outbond di Lapangan Bima II, Minggu (7/5).

Panitia Jaka Rara Mustofa menjelaskan, ada berbagai permainan yang dilakukan dalam outbond kali ini. Masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. Di antaranya introduction (pengenalan), chinese games, free fall (menjatuhkan diri), movie games (menebak peragaan judul film) dealing with losing yang berfungsi untuk blind fold games

“Pemenang Jaka dan Rara nanti harus bisa memecahkan berbagai permasalahan baik masalah individu ataupun kelompok. Outbond ini sangat penting,” tuturnya.

Dalam outbond, para finalis diberi penilaian individu dan kelompok. Nilai tersebut akan diakumulasi di Malam Final nanti. “Ada nilai ketangkasan dan kerja tim (kekompakan), nanti nilai ini akan diakumulasi ketika final,” ungkapnya.

Dimulai sejak pukul 07.00 WIB outbond pun berlangsung sampai pukul 12.00WIB dengan diakhiri sharing bersama paguyuban Jaka Rara dan latihan menari untuk opening art grand final. Para finalis akan membuka acara Final dengan tarian dari berbagai daerah sesuai tema malam final Jaka Rara tahun ini, yaitu Melting Pot of Cirebon.

“Cirebon ini kan isinya berbagai macam suku. Melalui beberapa tarian yang digabungkan saat opening act, diharapkan bisa mewakili Kota Cirebon yang menjadi tempat berbagai etnis berada,” paparnya.

Dalam outbond tersebut, para alumni Jaka Rara juga menjadi pemateri. Tujuannya agar kegiatan bisa tepat sasaran. “Biar mereka yang sebelumnya merasakan yang kini memberi bekal kepada adik-adiknya,” ungkapnya.

Setelah kegiatan outbond ini, dalam grand final nanti akan ada berbagai bintang tamu yang datang. Anatar lain Putri Indonesia, Mojang Jajaka Jabar, Mojang Jajaka Wilayah III serta beberapa tamu pemerintahan lainnya.

“Saat grand final akan dipilih juara I Jaka Rara Utama untuk mewakili Kota Cirebon di Mojang Jajaka Jawa Barat, juara II Jaka Rara Madya dan Jaka Rara Muda untuk juara III,” jelasnya. (apr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *