Pemerintah Desa Pegagan Antisipasi Kekeringan Lahan Sawah

oleh -15 views
Pemdes dan Masyarakat Desa Pegagan, Kecamatan Losarang, mempersiapkan pipa air untuk mengantisipasi kekeringan sawah. FOTO: IBNU HAJAR/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU-Tidak ingin warganya yang bermata pencaharian sebagai petani merugi karena kekeringan, Pemerintah Desa Pegagan, Kecamatan Losarang, Kabupaten Indramayu berupaya untuk memanfaatkan embung yang ada.

Bersama dengan Pemerintah Kecamatan Losarang, Pemdes Pegagan memasang paralon embung dan juga dua buah mesin diesel 8 inch agar sawah di sekitar tidak kekeringan.

Kuwu Pegagan Caska mengatakan tidak sedikit masyarakatnya yang bekerja sebagai petani. Untuk itu, kata dia, harus dilakukan antisipasi karena musim kemarau telah tiba. Dikatakan, area sawah di Pegagan sangat bergantung pada sumber air Sungai Cipanas.

“Kita selalu memikirkan petani agar tidak merugi dan kekurangan air. Untuk itu kami mencari solusi salah satunya dengan memasang paralon embung dan juga mesin diesel,” tuturnya.

Ia pun bersyukur upaya pemerintah desa mengantisipasi kekeringan direspons antusias oleh para petani. Petani,perangkat desa dan babinsa dengan kompak membantu pemasangan paralon embung dan diesel 8 inch di Blok Terblo dan Blok Asinan. “Alhamdulillah semuanya kompak. Semoga saja upaya ini bisa mencegah kekeringan, sehingga petani kami tidak rugi,” jelasnya.

Sebelum pemasangan paralon embung dan diesel, Camat Losarang, H Suratno dan kuwu memberikan pembinaan dan evaluasi pada perangkat desa. Hal itu dilakukan guna meningkatkan kualitas pelayanan dan pembangunan yang ada di Desa Pegagan. (bag)