Kemajuan Teknologi Dukung Cirebon Menuju Smart City

oleh -12 views
smart-city-mobile-phone
Ilustrasi. Foto: Pixabay.com

CIREBON- Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon siap mewujudkan Kota Cirebon yang maju dalam teknologi informasi. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik, Iing Daiman.

Di tahun 2017, DKIS akan menjalankan beberapa program terkait pelayanan informasi dengan mengusung teknologi terkini. “Pelayanan segala informasi tidak lagi secara konvensional tapi dengan memanfaatkan teknologi,” ujar Iing.

Salah satunya dengan membuat konsep penerapan aplikasi berbasis teknologi yang terintegrasi dengan seluruh SKPD di jajaran Pemerintah Kota Cirebon. “Nanti rencananya di Gedung Setda yang baru akan kami buat khusus data centre,” lanjutnya.

Selama ini, kata Iing, aplikasi atau sistem jaringan informasi yang dibuat masih terbatas pada masing-masing SKPD. Pihaknya berupaya untuk terus transfer knowledge kepada para pegawai serta masyarakat Kota Cirebon.

“Kita juga tidak menutup diri bagi anak-anak muda, yang berasal dari komunitas-komunitas untuk bersama-sama mendukung dan mewujudkan Cirebon sebagai smart city,” tuturnya.

Sementara itu, Komunitas Blogger Cirebon juga terus berupaya dan berusaha untuk mencapai Cirebon Smart City melalui berbagai cara. Seperti diketahui bahwa Smart City merupakan sebuah konsep yang memiliki koneksi terintegrasi dalam berbagai bidang baik itu pelayanan, dan hal lainnya yang dapat memudahkan masyarakat dalam beraktivitas.

“Hingga kini Blogger Cirebon terus sosialisasi mengenai IT maupun blognya sendiri dan bahkan bersinergi dengan berbagai pihak,” ujar Mohamad Ridwan, salah satu anggota Komunitas Blogger Cirebon.

Tak hanya itu, Komunitas Blogger Cirebon juga siap mendukung pemerintah dalam mengadakan program internet sehat.

“Salah satunya dengan cara talkshow di berbagai radio, kopdar rutin, sharing ilmu dengan komunitas blogger di kota lain dan masih banyak lagi,” pungkasnya. (mik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *