Iko Uwais Tampilkan Gerakan Pencak Silat di Triple Threat

oleh -11 views
IKO UWAIS
Iko Uwais. Foto: JPNN.com

IKO Uwais (34) kembali mendapat peran di film internasional. Suami Audy Item itu telah merampungkan syuting film laga Triple Threat di Bangkok, Thailand.

Trailer film tersebut sudah dirilis. Iko terlihat memainkan peran penting. Saat dihubungi wartawan kemarin (28/7), salah seorang pemain Star Wars: The Force Awakens (2015) itu menceritakan pengalamannya bergabung dalam film produksi Aurora Alliance Films, Easternlight Films, dan Hamilton Entertainment tersebut.

Bisa diceritakan awal mendapat perannya?

Sekitar 2 tahun lalu, saya dikontak dua pemain Triple Threat, Tony Jaa (Fast 7) dan Tiger Chen (Man of Taichi). Kebetulan, Tiger juga jadi krunya. Mereka ingin menggandeng saya untuk proyek film laga karena kagum dengan akting saya di film-film sebelumnya, terlebih The Raid. Tiger pernah bekerja sama dengan saya di Man of Taichi. Setelah mendengar konsep cerita dan filmnya, saya mau. Saya juga ingin kembali membawa nama Indonesia ke perfilman dunia.

Berperan sebagai siapa?

Karakter yang saya perankan adalah orang Indonesia bernama Jaka, salah seorang tokoh utama. Ceritanya, desa tempat tinggal Jaka diserang penjahat dan banyak keluarga Jaka yang tewas. Dalam upaya balas dendamnya, Jaka bertemu Payu (Tony) dan Long Fei (Tiger). Ketiganya bergabung dengan sebuah pasukan khusus untuk sebuah misi. Misinya apa? Nonton saja nanti..hahaha.

Karakter Iko sangat Indonesia ya?

Ya, itu permintaan dari tim produksi supaya saya benar-benar membawa Indonesia. Awalnya, saya mau dikasih nama Yuda. Tapi, itu kan nama karakter saya di film Merantau. Setelah berdiskusi, saya memilih nama Jaka yang lantas disetujui tim. Katanya, nama Jaka benar-benar mencerminkan karakter saya yang kuat dan tangguh.

Ada gerakan pencak silat dalam film ini?

Tepat sekali. Sebenarnya, koreografi fighting di film ini sudah ada, diciptakan oleh Tim Man, koreografer laga Swedia. Namun, Tim juga memberi kebebasan masing-masing pemeran supaya memasukkan gaya mereka ke setiap aksi sehingga punya ciri khas. Alhamdullilah, saya punya kesempatan menampilkan gerakan pencak silat di adegan saya. Budaya Indonesia kembali terangkat ke perfilman internasional.

Apa ada persiapan khusus untuk film ini?

Sebelum syuting selama dua bulan, saya dan cast lain harus berlatih bersama selama dua minggu di Bangkok. Kami harus mempraktikkan koreografi fighting dan interaksi saat adegan bertarung. Saya juga harus lebih menjaga bentuk tubuh supaya tetap oke untuk film laga ini. Diet dan makan sehat tidak boleh ditinggalkan karena syuting film laga menuntut kondisi prima.

Bagaimana pengalaman beradu akting dengan Tony, Tiger, dan Scott Adkins (Doctor Strange)?

Sejujurnya, kami merasa bukan sebagai lawan main, tapi keluarga. Mereka, pemain lain, serta kru benar-benar sangat ramah dan low profile. Selain berakting, kami saling sharing pengalaman, baik dalam akting maupun seni bela diri. Kebetulan masing-masing dari cast punya latar belakang bela diri sehingga bisa saling melengkapi. Tidak ada yang membangga-banggakan prestasi atau statusnya sebagai bintang laga ternama. Selain itu, tidak ada yang namanya hubungan senior-junior. Semuanya sama dan satu tim.

Apakah para cast tahu Iko juga terlibat di belakang layar The Raid?

Tony, Tiger, dan Scott sama-sama penyuka The Raid lho. Mereka suka dengan cerita, akting pemainnya, dan gerakan laga yang berkualitas. Saat tahu saya juga menjadi koreografer fighting, mereka semakin respek. Mereka bilang, ’’Kami bekerja sama dengan aktor dan koreografer yang luar biasa di Triple Threat..haha…”.

Saat ini apakah ada proyek film terbaru?

Sambil menunggu Triple Threat tayang, saya lagi membuat koreografi untuk film Indonesia terbaru yang judulnya masih rahasia. Saya kangen menjadi koreografer laga juga soalnya.

Sudah ada tawaran bermain film asing lagi?

Iya sudah ada kok (tertawa). Tapi, saya masih belum bisa menjelaskan secara detail, baik kisah maupun judulnya. Yang pasti, genrenya laga. Karena fokus saya sekarang adalah semakin baik dalam akting dan koreografi action. Rencananya, kalau lancar, saya akan mulai syuting Oktober hingga Desember tahun ini. (len/c20/ayi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *