Waduh, Harga Beras di Kuningan Merangkak Naik

oleh -72 views
ILUSTRASI Foto: Jawa Pos

KUNINGAN-Musim kemarau kali ini menyebabkan harga beras merangkak naik. Seperti terpantau di Pasar Kepuh Kuningan, harga beras rata-rata naik Rp1.000 per kilogram untuk jenis premium dan medium.

Petugas pemantau pasar Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Kuningan Arisman mengatakan, beras premium saat ini berada di tingkat harga Rp10.500 dari harga normal di kisaran Rp9.500, sedangkan untuk beras medium naik dari Rp9.000 menjadi Rp10.000 per kilogram. Menurut dia, kenaikan harga tersebut terjadi secara bertahap rata-rata Rp500 per kilogram, sehingga kini kenaikkannya mencapai Rp1.000 per kilogram.

“Salah satu penyebabnya karena musim kemarau yang menyebabkan sebagian lahan pertanian mengalami kekeringan. Faktor lainnya, karena sebagian beras hasil petani Kuningan banyak yang dikirim ke luar daerah sehingga berdampak pada berkurangnya stok untuk pasar Kuningan sendiri,” kata Arisman.

Kondisi ini, lanjut Arisman, praktis berdampak pada meningkatnya harga beras di tingkat pedagang. Beruntung, kenaikan harga tersebut masih tergolong wajar sehingga tidak terlalu berdampak pada permintaan pasar.

“Mudah-mudahan musim hujan segera datang, sehingga para petani bisa kembali bercocok tanam dan stok beras kembali normal,” kata Arisman.

Terhadap komoditi lainnya, Arisman mengatakan, sebagian besar masih tergolong stabil bahkan beberapa komoditi mengalami penurunan harga. Contohnya harga bawang merah dan bawang putih yang masih kompak di harga Rp20.000 per kilogram atau turun dari harga sebelumnya di kisaran Rp25.000. Begitu juga dengan harga cabai rawit dan cabai merah  yang kini masih di tingkat harga Rp15.000 dan Rp20.000 serta harga daging ayam dan sapi masing-masing Rp32.000 dan Rp110.000 per kilogram. Sementara untuk harga telur ayam, ada kenaikan Rp1.000 perkilogram menjadi Rp21.000.(fik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *