Tour de Linggarjati III Bakal Ramai Pembalap Asing

oleh -3 views
ILUSTRASI-Tour de Linggarjati

KUNINGAN-Event balap sepeda internasional Tour de Linggarjati (TDL) tahun ini kembali bakal dimeriahkan oleh kehadiran sejumlah atlet sepeda dari luar negeri.

“Jumlah atlet yang daftar belum fixed. Namun yang sudah memastikan diri bakal ikut di antaranya dari Malaysia, Singapura dan juga Mongolia,” ungkap Ketua Panitia TDL Agus Sadeli kepada Radar.

Dikatakan Agus, pihaknya menargetkan jumlah peserta Tour de Linggarjati kali ini lebih banyak dibanding tahun lalu yaitu sekitar 300 peserta dari dalam dan luar negeri. Begitu juga dengan rute, kata Agus, tahun ini akan melintasi lebih banyak desa yaitu mencapai 100 desa di 20 kecamatan yang ada di Kabupaten Kuningan.

“Ditambah tahun ini akan digelar Test Event Asian Games yang menempuh rute melintasi tiga kabupaten sekaligus yaitu Kabupaten Ciamis, Majalengka dan Kuningan. Kejuaraan ini diikuti oleh Men Elite dengan jarak tempuh 120 kilometer dan Women Elite berjarak 80,7 kilometer, otomatis akan jadi tontonan menarik masyarakat di tiga kabupaten tersebut,” kata Agus.

Terkait kesiapan jalur yang akan dilintasi pembalap nanti, Agus mengatakan, hingga kini masih dalam pengerjaan tim dari Dinas PUPR dan dipastikan aman pada saat pelaksanaannya nanti. Adapun kondisi cuaca yang sudah memasuki musim penghujan, Agus mengatakan, hal tersebut merupakan yang biasa bahkan menjadi tantangan tersendiri bagi para atlet.

“Para peserta balap sepeda ini adalah atlet profesional yang sudah terbiasa melintasi jalur berbagai kondisi dan cuaca. Sekalipun cuaca turun hujan, lomba balap sepeda tetap akan digelar atas pertimbangan tim dari commiser,” kata Agus.

Seperti diketahui, event balap sepeda internasinal Tour de Linggarjati tahun ini akan digelar pada 1-3 Desember 2017. Ada lima event kejuaraan yang akan digelar pada Tour de Linggarjati jilid III kali ini yaitu Individual Time Trial (ITT) dengan jarak tempuh 9,9 kilometer dengan rute Pancalang hingga Gedung Perundingan Linggarjati dan Indivual Road Race (IRR) dengan tiga kelas berbeda yaitu pemula, junior dan Men Elite dengan jarak tempuh masing-masing 30,7 kilometer, 63,7 kilometer dan 106,4 kilometer.

Juga akan digelar Criterium dengan rute kawasan Kuningan kota yang berjarak 3 kilometer yang ditempuh dengan beberapa kali putaran sesuai kategori usia serta fun bike dengan peserta masyarakat umum dan peserta TDL dengan jarak tempuh 9,2 kilometer. Ditambah Test Event Sea Games melintasi tiga kabupaten tadi. (fik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *