Hasil Survei, Elektabilitas Daniel Melonjak Tinggi di Bursa Cawagub

oleh -20 views
DUKUNG DANIEL: DPD Partai Golkar Kota Cirebon menyatakan dukungan kepada Daniel Mutaqien Syafiuddin sebagai cawagub mendampingi Ridwan Kamil di Pilkada Jabar 2018. Foto: Adun Sastra Indramayu/Radar Indramayu

INDRAMAYU – Kerja keras calon wakil gubernur (cawagub) Jawa Barat (Jabar) Daniel Mutaqien Syafiuddin (DMS) membuahkan hasil yang luar biasa. Hasil survei Potracking Indonesia menunjukkan sekitar 10,6 persen warga Jabar menginginkan DMS menjadi orang nomor dua di Jabar.

Persentase tersebut mengacu pada simulasi tiga kandidat calon wakil gubernur antara Daniel, Ahmad Syaikhu dan Puti Guntur Soekarno. Menurut Ketua Fraksi Partai Golkar Syaefuddin, hasil survei itu dilakukan Direktur Utama Poltracking Indonesia, Hanta Yuda.

Survei itu awalnya melakukan 15 tokoh yang masuk daftar. Tingkat elektabilitas Dede Yusuf tertinggi; 25,7 persen. Disusul Abdullah Gymnastiar (19,8 persen) dan Desi Ratnasari (9,3 persen).

Akan tetapi, kata dia, ada beberapa nama yang sudah masuk koalisi pencalonan. Di antaranya Daniel 10,6 persen, Ahmad Syaikhu 8,2 persen dan Putu Guntur Soekarno 5,4 persen.

“Dari hasil survei Potracking itu menunjukkan bahwa tingkat elektabilitas Bung Daniel bisa mengalahkan tiga kandidat cawagub yang sudah santer dalam bursa pencalonan,” tegas ketua Karang Taruna Kabupaten Indramyu itu.

Sedangkan apabila simulasi Daniel dipasangkan dengan Ridwan Kamil, hasilnya 37,0 persen. Kemudian Deddy Mizwar dengan Ahmad Syaikhu hasil 24,3 persen, serta Dedi Mulyadi dengan Puti Guntur Soekarno dengan hasil 7,0 persen.

“Kalau kita melihat hasil survei tersebut, anggota Komisi V DPR RI itu sudah luar biasa. Hasil surveinya sudah mengalahkan bakal kandidat cawagub lainnya,” terang Syaefuddin seraya menegaskan kata lemabaga survei Potracking, masih ada 31,7 persen respons yang belum memilih.

Dia menambhkan, survei yang dilaksanakan lembaga Potracking pada 10-15 November 2017 dengan melibatkan 1.200 responden. Sedangkan tingkat kepercayaan survei mencapai 95 persen dengan margin of error kurang lebih 2,8 persen.

“Kami hanya menyampaikan hasil dari lembaga survei tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa elektabikitas Bung Daniel, mampu mengalahkan kandidat cawagub lainnya,” kata Syaefuddin.

Cawagub Daniel menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Jabar yang telah merespons dirinya maju pada Pilkada Jabar 2018 mendatang. Menurutnya, survei itu dilakukan pasca deklarasi yang digelar DPP Golkar pada tanggal 9 November lalu. “Saya sendiri tidak tahu dan itu adalah lembaga survei yang mengatakan,” ucap Daniel.

Belum lama ini, jajaran pengurus DPD Golkar Kota Cirebon juga menyampaikan dukungan atas pencalonan Daniel sebagai pendamping cagub Jabar Ridwan Kamil yang berlangsung di kediaman rumah Ketua DPD Golkar Kota Cirebon, Toto Sunanto (dun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *