Pimpinan Pondok Pesantren Se-Jabar Dukung Ridwan-Daniel

oleh -8 views
FOTO BARENG: Daniel Mutaqien Syafiuddin (lima dari kiri) foto bersama ulama dalam pertemuan halaqah alim ulama se-Jawa Barat di Buntet Pesantren, Rabu (13/6). Foto: Adun Sastra/Radar Indramayu

CIREBON – Ribuan ulama yang tergabung dalam wadah Forum Pondok Pesantren se-Jawa Barat (Jabar) menyatakan dukungan kepada Daniel Mutaqien Syafiuddin (DMS) ST sebagai calon wakil gubernur untuk mendampingi Ridwan Kamil (RK) pada Pilkada Jabar mendatang.

Surat pernyataan dukungan diserahkan pengasuh Pondok Pesantren Nadwatul Ummah Buntet Cirebon, KH Faris El Haq Fuad Hasyim pada acara Halaqoh Alim Ulama se-Jawa Barat di Buntet, Rabu (13/12). Mereka menilai, sosok Daniel merupakan tokoh muda yang visioner dan wakil masyarakat yang tinggal di wilayah pantura Jabar.

Sementara Kang Emil, salah satu calon gubernur Jabar yang berasal dari priangan. Sehingga sangat cocok jika kedua tokoh tersebut disandingkan pada Pilgub Jabar.

SERHKAN BERKAS DUKUNGAN: Pengasuh Pondok Pesantren Nadwatul Ummah Buntet Pesantren Cirebon, KH Faris El Haq Fuad Hasyim bersama ulama lainnya mendukung Daniel sebagai balon wakil gubernur Jabar.

“Yang jelas para ulama se-Jabar butuh pemimpin yang Islami. Salah satunya pasangan RK-DMS yang sangat dekat dengan ulama,” tegas Faris kepada wartawan dalam acara tersebut yang mengambil tema Optimalisasi peran Alim ulama dalam mewujudkan Islam Wasathon di Jawa Barat.

Faris menegaskan, yang mendasari dukungan penuh kepada pasangan RK-DMS, karena selama ini perjuangan alim ulama banyak yang tidak terakomodasi oleh pemimpin Jabar sebelumnya. Dari sisi akidah, banyak paham Islam yang bisa merusak perjuangan kiai dan ulama dalam memperjuangkan bangsa.

“Kiai harus memberikan aspirasi. Punya calon yang punya komitmen penuh pada Islam. Kita lihat sosok Ridwan Kamil yang punya latar belakang pesantren, kemudian Daniel juga. Kita merasa perlu dua tokoh ini disatukan untuk mengakomodir umat Islam di Jabar,” kata Fariz usai pernyataan dukungan.

Dalam kesempatan itu hadir sejumlah ulama sepuh, di antaranya pengasuh Ponpes Al Barkah Subang Subhan Maruf. Kemudian Pengasuh Ponpes Candang Pinggan Buya Syakur Yasin, Ketua Forum Ponpes Jabar Dr Uta Wijaya Kusuma dan kiai sepuh se-Jabar lainya.

Mereka Mendesak Ridwan Kamil segera menentukan Daniel Muttaqien Syafiuddin sebagai calon wakil gubernurnya. Terlebih sudah ada komitmen keduanya dalam memberdayakan umat Islam.

“Kami pengin Kang Emil segera memutuskan calon wagub. Orang yang kompeten untuk bersama beliau adalah Daniel. Sebenarnya cukup sudah,” kata KH Subhan.

Subhan meyakini, apabila RK menggandeng Daniel, akan menang telak. Karena Daniel yang merupakan putra Bupati Anna Sophana dan mantan Bupati Yance dekat dengan ulama.

Ketua Forum Ponpes se-Jabat, Dr Uta, menegaskan bahwa dukungan tersebut juga karena Daniel memiliki latar belakang turunan ulama besar di pantura. Selama ini komunikasi dan komitmen anggota DPR RI dari Partai Golkar itu sangat bagus dengan kalangan pesantren.

“Kalau ada yang bilang Kang Emil dan Daniel tidak dekat dengan kiai dan pesantren, salah,” ujarnya.

Dalam deklarasi itu, para kiai membacakan sejumlah komitmen untuk Ridwan Kamil-Daniel Muttaqien oleh Ketua MUI Indramayu, KH Satori. Isi pernyataan sikap tersebut adalah menjaga NKRI, bahu membahu mensyiarkan agama Islam, memberi dukungan penuh kepada Cagub Jabar Ridwan Kamil dan Cawagub Daniel Mutaqien Syafiuddin.

Selanjutnya para kiai siap menitipkan syiar Islam kepada Ridwan Kamil-Daniel Muttaqien. Kemudian siap menyukseskan pasangan RK-Daniel. (dun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *