Program PISEW Angkat Perekonomian Warga

oleh -14 views
Jalan Blok Sukawera, Desa Bugel, Kecamatan Patrol dicor beton berkat program PISEW yang diperjuangkan anggota Komisi V DPR RI H Daniel Mutaqien Syafiuddin ST. FOTO:KHOLIL IBRAHIM/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU–Penduduk di Desa Bugel, Kecamatan Patrol kini lagi semringah. Itu menyusul tuntasnya perbaikan jalan desa yang dibantu program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) tahun 2017.

Sebelumnya, warga yang mayoritas berprofesi petani tak berdaya memasarkan potensi sumberdayanya karena terkendala buruknya infrastruktur jalanan. Betapa tidak, setiap kali musim penghujan datang, maka akses jalan di desa yang kerap direndam banjir itu tidak bisa dilalui.

Kondisi ini menjadi hambatan kelancaran transportasi menuju pusat-pusat pemasaran. Selain itu, biaya operasional pun semakin meningkat sehingga ujung-ujungnya akan mengurangi keuntungan yang didapat para petani. “Sekarang Alhamdulillah, setelah jalan di cor beton akses dan aktivitas perekonomian masyarakat terutama petani menjadi lancar,” ujar Kuwu Bugel, Ansori kepada Radar.

Namun demikian, pihaknya meminta agar masyarakat ikut berperan aktif menjaga dan memelihara jalan yang sudah nyaman dilalui. Caranya, dengan tidak membawa kendaraan dengan muatan yang melebihi tonase. Hal itu dikarenakan beban kendaraan yang melebihi tonase akan membuat jalan cepat rusak kembali meskipun dila kukan pembetonan.

Diungkapkan Kuwu Ansori, peningkatan jalan desa di Blok Sukawera sepanjang 300 meter dan lebar 2 meter dengan cara dibeton ini terealisasi setelah Desa Bugel menjadi salah satu desa penerima manfaat program PISEW yang diperjuangkan oleh anggota Komisi V DPR RI, H Daniel Mutaqien Syafiuddin ST.

Program dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya yang dirancang pemerintah pusat dalam mengatasi kesenjangan antara kota dengan desa, serta sekaligus dalam pemberdayaan rakyat.

Kuwu Ansori menyampaikan terima kasih serta apresiasi kepada putra terbaik Bumi Wiralodra yang saat ini digadang-gadang menjadi bakal calon Gubernur Jawa Barat tersebut. “Kami sangat berterima kasih atas perjuangan Kang Daniel yang peduli terhadap kondisi desa kami. Insya Allah, masyarakat kami kompak untuk mendukung setiap langkah Kang Daniel dalam upaya meningkatkan pembangunan di Kabupaten Indramayu,” tandas dia. (kho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *