Guardiola Kenakan Pita Kuning, Tak Takut Ancaman Sanksi FA

oleh -4 views
Pep Guardiola. Foto: AFP

SANKSI Federasi Sepak Bola Inggris (FA) tak digubris Pep Guardola. Saat mendampingi anak asuhnya Manchester City bermain pada final Piala Liga melawan Arsenal di Wembley, London, Senin dini hari kemarin WIB (26/2), pita kuning masih bertengger di dadanya. Guardiola sudah menegaskan, dia tak takut ancaman sanksi FA itu.

”Saya pelatih, tapi saya juga manusia. Mereka (FA) sudah tahu, saya akan tetap memakai pita kuning itu,” ucap Guardiola, dikutip BBC Sports. Padahal untuk sanksinya kemarin, pelatih asli Catalan itu masih diberi waktu FA untuk banding sampai Senin mendatang (5/3). Guardiola punya alasan tersendiri kenapa dia konfiden dengan sikapnya itu.

Bukan hanya dari hati nuraninya sebagai bangsa Catalan. Guardiola punya pedoman dari pandangan UEFA. Faktanya, ketika berada di bench St Jakob-Park, Basel, Guardiola pun sudah mengenakan pita kuningnya. Begitu pula pada laga-laga Liga Champions sebelumnya. Toh, dari awal musim Guardiola sering mengenakannya.

Beda dengan FA, UEFA sebagai otoritas sepak bola Eropa tak sampai mengirim warning ke Guardiola. ”UEFA punya pandangan lain soal isu ini. Mereka berkata, silakan memakainya, selagi itu menunjukkan respek Anda. Di sini, semuanya berbeda,” tutur Guardiola, mengungkap sikap UEFA dengan pita kuning perjuangan kemerdekaan Catalan.

Nah, karena itu pula Guardiola menegaskan takkan berhenti memakainya. ”Jika memang saya melanggar aturan, oke, silakan saya akan menerima sanksi itu,” tambah Guardiola.

Bukan hanya Guardiola yang mengenakan pita kuning itu. Dalam laga kemarin, semua orang yang ada di bench The Citizens mengenakan pita kuning.

Begitu pun fans City yang datang ke Wembley kemarin WIB. Dilaporkan di Manchester Evening News, hampir 40 ribuan fans City yang duduk di tribun Wembley pun mengikuti sikap Guardiola dengan pita kuningnya. (ren)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *