Gambar-Gambar yang Mudah Menipu Netizen

oleh -28 views
HOAX

ADA saja ulah orang mencari like dan komentar untuk menaikkan edgerank Facebook. Salah satu modus lawas yang masih kerap dilakukan dan berhasil memperdaya banyak orang adalah mengajak netizen mengetik sesuatu dengan bujukan akan muncul perubahan pada gambar yang diunggahnya.

Contohnya ulah akun fan page Wanita Impian (fb.com/Wanita-Impian-303008456895990) berikut ini. Akun itu menuliskan status yang memancing rasa penasaran.

“Ada yangg aneh pada gadis ini.. Coba kamu sukai gambar ini, lalu ketik angka 1 fokus ke lingkaran merah.. Liat yg terjadi? Jangan Kaget ya  Lalu bagikan ke teman kalian”. Begitu status yang dia tulis sembari membagikan foto perempuan berkerudung yang duduk di sebuah taman.

Muka perempuan dalam foto itu tidak terlihat alias tembus pandang. Tak jauh dari gambar perempuan tersebut, terdapat tanda lingkaran merah yang tidak jelas maksudnya.

Mereka yang terbuai memberikan like dan mengetik komentar sesuai arahan akun Wanita Impian pasti menduga akan terjadi perubahan terhadap foto yang dilihatnya. Padahal, tidak akan terjadi apa pun meski Anda telah menekan tombol like dan berkomentar sesuai instruksi pemilik akun Wanita Impian.