Maman-Nurahim Calon Plh Inspektorat Kuningan

oleh -12 views
Ilustrasi.

KUNINGAN – Bertepatan dengan Hari Buruh Internasional tanggal 1 Mei 2018, dua pejabat senior di Pemkab Kuningan resmi pensiun dari jabatannya. Yakni Drs H Kamil Ganda Permadi MM yang menjabat Kepala Inspektorat serta Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan (Distanakan) Ir Hj Triastami.

Untuk menjalankan tugas di kedua instansi strategis tersebut, Plt Bupati Dede Sembada akan mengangkat pelaksana harian (Plh) kepala Inspektorat dan kepala Distanakan. Pejabat yang ditunjuk sebagai Plh akan langsung bertugas per tanggal Kamil dan Triastami pensiun.

Kabar yang beredar, dua pejabat senior lainnya yang berpeluang menjadi plh kepala Inspektorat yakni Asda I Setda Drs H Maman Hermansyah MSi dan Staf Ahli Bupati Drs H Nurahim MSi.

Keduanya memiliki latar belakang yang hampir sama yakni pernah bekerja di Inspektorat. Sedangkan untuk plh kepala Distanakan kemungkinan besar menjadi milik Ir H Dodi Nurochmatuddin MP, yang juga salah seorang staf ahli bupati. Dodi dianggap layak menjabat plh Distanakan lantaran cukup lama di lingkungan dinas tersebut serta memiliki pengetahuan soal pertanian yang cukup mumpuni.

Kepada Radar Kuningan, Ir H Dodi Nurochmatuddin MP menyatakan kesiapannya jika memang dipercaya untuk menjabat Plh Kepala Distanakan. Dia mengaku tak asing dengan instansi tersebut lantaran pernah lama berkiprah di Dinas Pertanian. Sehingga ketika dipercaya, tentu akan memudahkan dalam menjalankan tugasnya.

Namun dia kemudian menyerahkan sepenuhnya kepada plt bupati menyangkut siapa yang dipercaya menjadi Plh Kepala Distanakan. “Kewenangannya ada di Pak Plt bupati. Sebagai ASN, saya siap ditempatkan di mana saja. Jika kemudian dipercaya menjadi Plh di Dinastanakan, saya tidak mungkin menolaknya karena ini tugas dari negara” ujar Dodi.

Pernyataan serupa juga datang dari Drs H Nurahim MSi. Pejabat yang juga pernah menjadi Kepala BKD (sekarang BKPSDM, red) dan Kepala Inspektorat sebelum menduduki posisi staf ahli bupati itu bersedia menjadi Plh Kepala Inspektorat, jika ditunjuk oleh Plt bupati. Dengan latar belakang pernah menjadi kepala Inspektorat, dirinya akan mudah dalam proses adaptasi.