Tempuh Jarak 489 Km, Rombongan Pesepeda Touring Jakarta-Surabaya Finis Etape III di Kendal

oleh -12 views
FINISH: Para peserta Touring Sepeda Kampanye Keselamatan Mudik Lebaran 2018 Jakarta-Surabaya berhasil menyelesaikan etape III, Brebes-Kendal sejauh 489km. KEMENHUB/RADARCIREBON
FINISH: Para peserta Touring Sepeda Kampanye Keselamatan Mudik Lebaran 2018 Jakarta-Surabaya berhasil menyelesaikan etape III, Brebes-Kendal sejauh 489km. KEMENHUB/RADARCIREBON

Dirjen Budi mengatakan jalur ini merupakan jalur non-tol favorit para pemudik yang menuju dari Indramayu ke Cirebon, dimana sepanjang 4 kilometer di jalur ini sedang dilakukan proses pemasangan APJ sebanyak 68 titik dan 200 buah delineator.

“Sejalan dengan kegiatan Gowes Jakarta-Surabaya yang bertema Touring Sepeda Mudik Lebaran, pemasangan fasilitas keselamatan jalan juga ini bertujuan agar calon pemudik yang nantinya akan melewati jalur ini dapat meningkatkan kewaspadaan sehingga dapat menekan resiko kecelakaan dan mengurangi tindakan kriminalitas,” ujar Dirjen Budi.

Ada yang menarik, salah satu Rombongan Touring Sepeda Mudik 2018 wanita asal Jakarta yang cukup tangguh, saat ini telah menempuh perjalanan dari Jakarta sampai ke Kendal Jawa Tengah. “Ini pertama kali saya long touring, grupnya kompak ya saya suka banget sama orang-orangnya, RC (Road Captain) nya juga cara kasih taunya enak jadi kita bisa konsentrasi sama jalanan kita sendiri,” ucap Figusti. “Jadi kerjasama timnya yang paling penting,” tambahnya.

Selama perjalanan, rombongan gowes melihat ada beberapa titik masih ada kondisi jalan yang berlubang dan bergelombang. “Harapannya nanti sebelum angkutan lebaran di mulai, kami menghimbau kepada seluruh stakeholder terkait agar memperbaiki dan mempersiapkan kekurangan yang masih ada sehingga pada saat musim mudik tiba para pemudik dapat dengan nyaman melakukan perjalanannya,” himbau Dirjen Budi.

Selain itu, Gowes Touring Mudik 2018 Jakarta – Surabaya ini juga menjadi ajang untuk mengedukasi masyarakat bahwa sepeda merupakan alternatif transportasi yang murah, sehat dan ramah lingkungan. “Sudah jarang ya kita melihat masyarakat menggunakan sepeda untuk beraktivitas, khususnya di kota besar,” ucap Dirjen Budi. “Semoga dengan adanya kegiatan ini masyarakat dapat terinspirasi untuk menggunakan sepeda kembali dalam beraktivitas, selain murah dan ramah lingkungan, bersepeda juga dapat menjaga kesehatan kita,” tutupnya. (KDN/PTR/DW)