Jelang Mudik, Sidak Kondisi Sopir dan Kelayakan Bus Mudik

oleh -2 views
ilmi-pengecekan kendaraan mudik (8)
Petugas dari Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah Sembilan Provinsi Jawa Barat dan Dinas Perhubungan Kabupaten Cirebon melakukan pengecekan atas kondisi bus yang akan digunakan untuk angkutan mudik. FOTO:ILMI YANFA UNNAS/RADAR CIREBON

CIREBON-Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah Sembilan Provinsi Jawa Barat dan Dinas Perhubungan Kabupaten Cirebon melakukan sidak Ram Cek kepada bus-bus yang akan dipergunakan untuk angkutan mudik di beberapa pool bus, Jumat pagi (18/5) lalu. Tim gabungan mendatangi pool bus Bhineka Sangkuriang di Jalan Pilang.

Dalam sidak tersebut, Dishub tidak hanya memeriksa kondisi bus, juga memeriksa urine para pengemudi dan awak bus lainnya. Selain itu, tim memberikan wawasan dan pengetahuan tentang keselamatan berlalu lintas.

Koordinator Penguji Kendaraan Bermotor Dishub Kabupaten Cirebon Eddy Suzendi mengatakan, pihaknya sengaja mendatangi pool bus untuk memeriksa kondisi bus angkutan mudik dan mudik gratis. “Kita bersama-sama Kementerian Perhubungan mengadakan ram cek. Dari kemenhub dan balai ini estafet mulai Ciamis sampai Cirebon,” ujarnya.

Dalam ram cek ini, selain kondisi bus, pihaknya juga memberikan wawasan dan pengetahuan kepada para awak bus khususnya sopir. Pasalnya, pada ram cek ini lebih mengutamakan pengemudi, demi keselamatan semua yang berada di bus tersebut. “Pengemudi adalah ujung tombak keselamatan di setiap bus yang ditumpangi,” tegasnya.

Hal lain, pengemudi juga diperiksa urine agar terbebas dari narkoba dan minuman keras. Hasil dari ram cek ini, akan mempengaruhi apakah bus layak menjadi angkutan mudik atau tidak. Atau pengemudinya juga layak membawa kendaraan atau tidak.

Tidak hanya PO Bhinneka Sangkuriang saja, namun PO lainnya pun akan dilakukan ram cek. “PO yang lainnya kita agendakan di hari yang lain,” jelasnya.

Sementara itu, Staf Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah Sembilan Provinsi Jawa Barat, Wahyu Budi Wijaya mengatakan, pemeriksaan ram cek tidak hanya pada pool bus saja, namun juga menyisir terminal bus. Sehingga semua pihak, lebih nyaman dalam menggunakan alat transportasi darat (bus). (den)