Jelang Lebaran, Stok Kolang-Kaling Aman

oleh -20 views
kolangkaling2
STOK MEMADAI: Kolang-kaling Banjaran banyak diburu warga menjelang Lebaran. FOTO: BUDHI HARYANTO/RADAR  MAJALENGKA

MAJALENGKA – Selama Ramadan, pedagang kolang-kaling di sepanjang jalan utama Blok Buniasih Desa Cimeong hingga Blok Wates Desa Girimulya, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Majalengka, banyak diburu para pembeli.

Para pembelinya, kebanyakan pengendara yang tengah melintasi jalur tersebut. Baik dari arah Majalengka yang hendak menuju arah Kecamatan Cikijing maupun sebaliknya.

Tak heran, para pedagang kolang-kaling di sepanjang jalur tersebut mengaku dalam setiap harinya mereka bisa meraup keuntungan yang cukup lumayan jika dibandingkan pada dari hari biasanya.

Bahkan, selama Ramadan ini mereka setiap harinya bisa menjual kolang-kaling antara 50 kg sampai dengan 100 kg dengan harga Rp 10 ribu per kilogramnya.

Kolang-kaling hasil olahan masyarakat dari Kecamatan Banjaran itu selain dijual di tempat, juga banyak yang dipasok ke sejumlah pasar tradisional untuk memenuhi permintaan warga di Ciayumajakuning dan sejumlah kota besar.

Menurut seorang pedagang kolang-kaling asal Desa Cimeong, Mimin, selama Ramadan penjualan kolang-kalingnya mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan hari-hari biasa. “Bahkan mendekati Lebaran banyak pemudik yang membeli kolang-kaling untuk oleh-oleh keluarga di kampung halaman,” ujarnya.

Untuk itu, Mimin harus kerja ekstra untuk menyediakan stok dengan mencari bahan baku ke sejumlah daerah seperti Banjar, Ciamis dan Tasikmalaya. (har)