Pemkab Majalengka Sudah Transfer Gaji Ke 13 Melalui Rekening PNS

oleh -72 views
ILUSTRASI

MAJALENGKA-Para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan pemerintah kabupaten (Pemkab) Majalengka saat ini sedang semringah. Pasalnya, gaji ke 13 bagi para PNS telah dicairkan oleh pemkab Majalengka kepada para penerimanya langsung ke rekening tabungan pribadi para PNS per 5 Juli 2018 ini.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Majalengka Drs H Ahmad Sodikin MM menjelaskan, pencairan gaji ke 13 tersebut berdasarkan instruksi dari pimpinan sudah dapat dipindahbukukan dari rekening daerah ke rekening pribadi masing-masing PNS, per tanggal 5 Juli 2018 ini sudah bisa dicek oleh para PNS.

“Informasinya hari ini, silakan dicek saldo di rekening masing-masing sudah ada penambahan mungkin. Karena sejak akhir bulan lalu Pak Bupati sudah mempersilahkan untuk dilakukan pembayaran belanja gaji ke 13 bagi PNS ini di awal-awal bulan Juli,” kata Sekda kepada wartawan Radar Majalengka.

Menurutnya, gaji ke 13 ini rutin dibayarkan pemerintah pada periode antara bulan Juni dan Juli setiap tahunnya. Sebagai bentuk perhatian pemerintah yang peruntukanya membantu para PNS dalam memenuhi keperluan keluarga, terutama dalam menghadapi tahun ajaran baru anak-anak sekolah.

Kepala badan keuangan dan aset daerah (BKAD) Dr H Lalan Soeherlan MSi menyebutkan jika besaran anggaran gaji ke 13 yang disediakan bagi PNS Pemkab Majalengka sebesar Rp49,555 miliar. Terdiri komponen gaji pokok dan tunjangan keluarga juga tunjangan jabatan. Jumlah yang diterima oleh PNS tersebut utuh tidak ada potongan untuk cicilan bank atau iuran apapun.

Pencairan gaji ke 13 ini disambut positif para PNS yang memang telah menanti cukup lama. Bayu salah satu PNS mengungkapkan jika awalnya ada informasi bahwa gaji ke 13 ini akan dibayarkan awal bulan Juli. Sehingga, dia dan hampir mayoritas PNS lain sangat berharap gaji ke 13 ini masuk bersamaan dengan gaji regular bulanan di tanggal 2 juli yang lalu.

Selang dua hari tidak ada kabar adanya penambahan saldo rekening, para PNS sudah mulai resah dan hampir setiap hari mengecek saldo tabunganya ke mesin ATM (bank bjb) untuk berharap saldonya sudah mulai bertambah. Tapi, memang para PNS baru mengetahui gaji ke 13 baru masuk hari Kamis (5/7) ini setelah mengecek saldo dan mendapat notifikasi SMS Banking. (azs)