Pemain Timnas Indonesia Ingin Terus Bersama Milla

oleh -5 views
LUIS-MILLA
Luis Milla. Foto: Wahyudin/Jawa Pos

KEKALAHAN dari Uni Emirat Arab (UEA) tadi malam tak hanya mengakhiri kiprah timnas U-23 di arena Asian Games 2018. Kekalahan itu sekaligus mengakhiri kebersamaan timnas dengan Luis Milla. Kontrak pelatih asal Spanyol tersebut memang hanya sampai pergelaran Asian Games 2018.

Kontrak Milla, tampaknya, tak akan diperpanjang lagi. Apalagi, hingga kemarin (24/8) belum ada sinyal dari PSSI untuk mempertahankan Milla. ’’Tidak ada yang bertanya saya lanjut atau tidak,’’ ujar Milla.

Rencana terdekat, Milla pulang dulu ke Spanyol. ’’Jujur, saya belum mau memikirkan itu (kontrak, Red). Saya masih marah karena pertandingan tadi. Tidak seharusnya kami kalah,’’ katanya.

Milla menyatakan sangat puas dengan kebersamaannya selama 1,5 tahun dengan timnas. Meski belum bisa memberikan trofi, dia menganggap timnas yang ditanganinya sudah menunjukkan banyak perubahan.

’’Kami sudah sejajar dengan negara-negara yang selama ini di atas kami. Tapi, hidup memang harus terus berjalan. Saya hanya minta kepada masyarakat untuk bersabar,’’ tuturnya.

Menurut Milla, Indonesia punya talenta yang sangat luar biasa dalam sepak bola. Baik di kategori senior maupun junior.

Di timnya saat ini saja, pemain membuktikan bisa seimbang dari segi permainan dengan negara-negara seperti Bahrain, Korea Utara, Korea Selatan, hingga Uni Emirat Arab. ’’Semua butuh proses. Pemimpin PSSI juga harus bersabar,’’ jelasnya.

Bagaimana reaksi pemain? Mereka ternyata masih berharap bisa terus bersama Milla. Evan Dimas, misalnya, menganggap Milla adalah sosok yang tepat untuk sepak bola Indonesia saat ini.

’’Milla membuat kami semua berkembang. Jadi sosok ayah, saudara, dan teman. Tapi, semua keputusan ada di PSSI,’’ ungkapnya.

Irfan Jaya sependapat dengan Evan. Winger Persebaya Surabaya itu merasa berutang budi kepada Milla. ’’Saya ingin Milla tetap di tim. Beliau sudah bantu banyak dan kerja dengan hati,’’ ucapnya.

Andritany Ardhiyasa, salah seorang pemain senior dalam skuad Asian Games 2018, punya harapan yang sama. ’’Saya berharap kepada siapa pun di federasi agar Milla dipertahankan. Sepak bola Indonesia sekarang sudah jauh lebih baik daripada sebelumnya,’’ tegasnya. (rid/c14/bas)