Tulisan Lawas, Bukan Pernyataan Sri Mulyani

oleh -11 views
HOAX1-SAYEMBARA-SRIMULYANI
Hoax

BELAKANGAN Sri Mulyani sering diserang hoax. Mantan direktur pelaksana Bank Dunia itu pernah diserang isu penjualan pulau. Kini menteri keuangan tersebut diserang hoax terkait dengan tulisan pendukung Jokowi yang sempat viral pada 2014.

Tulisan itu berjudul Wahai Para Pembenci Jokowi! Sakit Jiwakah Anda?. Jejak digital menunjukkan bahwa tulisan tersebut pernah diunggah akun Facebook Hudoyo Hupudio pada 7 Mei 2014. Tulisan itu sebenarnya menggambarkan kegelisahan pendukung Joko Widodo terkait dengan hater yang bermunculan menjelang Pilpres 2014.

Di tangan orang-orang yang tak bertanggung jawab, judul tulisan tersebut diganti menjadi Pernyataan Menggemparkan Sri Mulyani: Wahai Para Pembenci Pak Jokowi!,..Kalian Semua Sakit Jiwa!!!,..Tunjukkan Kesalahan Pak Jokowi,..Satu Kesalahan Saja Akan Saya Bayar 1 M, Yang Berani Tunjuk Tangan.

Tulisan tersebut berasal dari sejumlah blog. Banyak blog yang terindikasi diternak untuk membuat tulisan dengan judul itu. Coba saja cari di situs pencarian dengan kata kunci, ”Pernyataan Menggemparkan Sri Mulyani”. Akan ketemu nama blog-blog tersebut. Ada breakingnewsterkini.blogspot.com, bandarcemeharian.blogspot.com, medialiputan6.blogspot.com, dan lainnya.

Sebenarnya, di blog-blog itu sama sekali tak ada pernyataan dari Sri Mulyani. Tulisan di sana persis dengan yang diunggah akun Facebook Hudoyo Hupudio pada 7 Mei 2014. Paragraf awal hingga akhir sama persis. Tulisan beberapa blog malah berantakan. Sepertinya, mereka menggunakan bot (mesin) untuk membuat tulisan secara instan.

Jika Anda menemukan share tulisan seperti itu, tidak masalah, buka saja. Lalu, kita hajar dengan melaporkan konten tersebut ke Google selaku penyedia layanan publikasi blogspot. Caranya, klik link pendek yang kami buat: bit.ly/LaporBlog.

Anda bisa memilih salah satu alasan melaporkan blog tersebut. Bisa memilih alasan konten yang mengandung ujaran kebencian, bernuansa kekerasan, atau tidak sopan. Anda bisa juga memilih spam. Setelah salah satu pilihan itu Anda klik, halaman formulir akan terbuka. Anda bisa memasukkan url blog tersebut. Lalu, tekan tombol submit.

Kalau tidak malas, Anda juga bisa melaporkannya ke Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Caranya, pengguna bisa melakukan screen capture dengan disertai url link, kemudian mengirimkan data ke aduankonten@mail.kominfo.go.id. (gun/c11/fat)

FAKTA

Tulisan yang ditujukan kepada para pembenci Jokowi dengan mencatut nama Sri Mulyani adalah hoax. Hanya pelintiran judul, di dalam naskah tidak ada.