Anis Bawesdan Bawa Ribuan PNS Jakarta ke Kuningan

oleh -31 views
bupati dan anis 7
Bupati H Acep Purnama bersama Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan di Hotel Grage Sangkan Spa, Jumat malam (5/10). FOTO:AGUS PANTHER/RADARKUNINGAN

KUNINGAN-Ribuan pegawai negeri sipil (PNS) di lingkup Pemprov DKI Jakarta berdatangan ke Kabupaten Kuningan, Jumat (5/10) lalu. Tentu saja kehadiran 4.500 PNS itu membuat hunian hotel yang ada di Kabupaten Kuningan tak mampu menampungnya.

Agar para pegawai itu bisa menikmati alam Kota Kuda, akhirnya mereka menempati rumah-rumah penduduk yang ada di sekitar kawasan wisata dan juga di kecamatan lainnya. Banyak juga yang ditempatkan di rumah penduduk di Kecamatan Ciawigebang.

Dampak lainnya, ruas jalan di Kuningan juga mengalami kemacetan karena ribuan para PNS DKI Jakarta tersebut membawa kendaraan masing-masing. Kedatangan Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan PHd disambut hangat Bupati H Acep Purnama SH MH. Saat menerima gubernur dan rombongan, bupati didampingi oleh Pj Sekda Drs Dadang Supardan MPd dan Ketua DP Korpri Kabupaten Kuningan Dr H Dian Rachmat Yanuar MSi di Grage Sangkan Hotel Spa Sangkanurip.

Suasana akrab terlihat antara gubernur dan bupati. Bagi Anies, Kuningan bukan tempat yang asing. Pasalnya, Anies lahir di Kabupaten Kuningan sesuai di biodatanya. Bahkan, kerabatnya juga masih banyak yang tinggal di Kota Kuda. Termasuk rumah peninggalan orang tuanya di Jl Afidik, Kuningan Kota masih berdiri kokoh.

Kunjungan Anies tidak sendiri. Selain ditemani istri, juga hadir rombongan sebanyak 4.500 orang pegawai Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang juga merupakan anggota Korpri DKI Jakarta. Di antara rombongan tampak pula hadir Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta yang juga Ketua DP Korpri Provinsi DKI Jakarta Dr H Saefullah MPd. Para Kepala SKPD dan pegawai Provinsi DKI Jakarta lainnya.

Anies datang ke Kuningan dalam rangka kegiatan bersama DP Korpri Provinsi DKI Jakarata dengan tema Peningkatan Soliditas dan Solidaritas Anggota Korpri DKI Jakarta tahun 2018. Dalam sambutannya Bupati Acep tidak  dapat menyembunyikan kebahagiaan kedatangan orang nomor satu di Provinsi DKI Jakarta tersebut.

“Selamat datang kepada sahabat saya, Gubernur Provinsi DKI Jakarata Bapak Anies Rasyid Baswedan, yang juga orang Kuningan. Sangat berbahagia kedatangan Bapak Gubernur yang juga merupakan kebanggaan kita semua di sini. Juga Pak Sekda Provinsi DKI Jakarta, Bapak Saefullah beserta rombongan lainnya. Saya ucapkan selamat datang dan selamat menikmati cuaca Kuningan yang sejuk dan masyarakatnya yang ramah,” kata Acep.

Tidak dapat dipungkiri, kata bupati, kehadiran sebanyak 4.500 orang memberi dampak positif bagi perekonomian Kabupaten Kuningan. Selain hotel-hotel dan penginapan kehabisan kamar, juga memberi dampak positif bagi sektor perdagangan dan pariwisata. Banyak juga yang menyewa rumah penduduk di sekitar tempat wisata atau kecamatan lainnya.

”Saya berharap kedatangan bapak ibu tidak kali ini saja, tetapi akan diteruskan di masa yang akan datang. Selain itu, saya juga berharap kedatangan bapak ibu sekalian dapat membawa berkah bagi kami masyarakat Kabupaten Kuningan,” papar Acep.

Sementara itu, Gubernur Anies juga menceritakan nostalgia mengenang masa kecilnya yang pernah bersekolah sampai kelas 2 SD di Kabupaten Kuningan. Sebagai orang Kuningan, Anies bahkan mengucapkan selamat datang kepada rombongan tamu yang hadir.

“Melanjutkan ucapan pak bupati tadi, saya ucapkan selamat datang di Kabupaten Kuningan. Boleh dong saya juga bicara seperti itu?” ucap Anies disertai tepukan seluruh tamu.

Tak sungkan Anies menyebut dirinya asli Kuningan. Terlebih dia juga sering berkumpul dengan orang Kuningan yang ada di Jakarta. “Saya sangat bersyukur telah lahir sebagai orang Kuningan. Karena di Jakarta pun saya juga sering berkumpul dengan orang-orang dari Kuningan. Terima kasih kepada bapak bupati sudah menyambut kami. Ada sekitar 4.500 orang yang hadir ke sini. Saya berharap ke depan mudah-mudahan ada bentuk kerja sama positif antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan Kabupaten Kuningan untuk melakukan kegiatan yang dapat memberikan manfaat kepada kedua belah pihak,” ujarnya. (ags)