Dishub Tambah Titik Pantau ATCS Dalam Kota Cirebon

oleh -84 views
traffic light Jalaksana-Nanggerang hanya menyala lampu warning
ILUSTRASI-Traffic Light

CIREBON-Jumlah kendaraan semakin hari semakin padat. Hal ini tentu menuntut petugas lalu lintas dan rekayasa lalu lintas untuk bisa mengatur lalu lintas secara instan dan efektif. Salah satu caranya yakni menggunakan Area Traffic Control System (ATCS).

Setelah dipasang beberapa waktu lalu, kini jumlah ATCS pun bertambah di sejumlah titik. Kepala Bidang Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan Gunawan ATD DEA mengungkapkan, sebelumnya ATCS ada 8 titik. Saat ini bertambah satu. “Yang terbaru ini kami pasang di Gunungsari,” ujar Gunawan kepada Radar Cirebon.

Saat ini titik pantau ATCS berada di Gunungsari, Jl Slamet Riyadi, Jl Ciremai Raya, Terminal Harjamukti, Sunyaragi, Simpang Empat Pusdiklatpri, Jabang Bayi, Kejaksan, dan Kanggraksan. Dengan memasang ATCS di sejumlah titik, Gunawan mengungkapkan, dishub dengan mudah dapat mengatur lalu lintas.

Pihaknya mengklaim, ATCS bisa digunakan untuk merespons situtasi lalu lintas secara cepat. Sebab, arus lalu lintas, kepadatan kendaraan dan sebagainya, bisa terpantau melalui layar di ruang kontrol. “Saat terpantau lalu lintas padat, maka kami secara otomatis bisa langsung merubah durasi traffic light,” terangnya.

Dengan adanya ATCS diharapkan bisa membantu mencairkan kepadatan lalu lintas, tanpa menunggu datangnya petugas. Saat ini, kondisi ATCS dengan kondisi baik, dua di antaranya dinyatakan rusak. “Yang perumnas tersambar petis dan saat ini sedang proses perbaikan, dan yang di Krucuk (Slamet Riyadi) terhalang gedung setda dan segera dibenahi lokasinya kembali,” pungkasnya. (apr)