Presiden Tiongkok Resmi Buka Jembatan Terpanjang Dunia

oleh -3 views
Jembatan-terpanjang-dunia
PUKAU DUNIA: Presiden Tiongkok, Xi Jinping meresmikan jembatan laut terpanjang di dunia, Selasa (23/10). FOTO: AP

ZHUHAI – Presiden Tiongkok Xi Jinping secara resmi membuka jembatan penyeberangan laut terpanjang di dunia, kemarin (23/10). Peresmian dilakukan setelah pembangunan selama Sembilan tahun tuntas.

Jembatan itu memiliki panjang sekitar 55km dan menghubungkan Hong Kong ke Makau serta kota daratan Cina, Zhuhai. Pembangunan jembatan itu menelan biaya sekitar 20 miliar dolar atau sekitar 304 triliun jika dikonversi dalam rupiah.

Dalam pengembangannya,  proyek raksasa tersebut sempat beberapa kali  tertunda.  Penudaan konstruksinya disebabkan oleh beberapa faktor termasuk masalah keamanan. Setidaknya 18 pekerja tewas dan ratusan terluka selama proyek berjalan.

Saat menghadiri peresmian jembatan di kawasan Zhuhai itu, Presiden Xi Jinping ditemani oleh para pemimpin Hong Kong dan Makau. Jembatan ini akan terbuka untuk lalu lintas reguler mulai Rabu.

Jembatan itu diklaim tahan terhadap guncangan gempa bumi dan hempasan angin topan. Dibangun menggunakan 400.000 ton baja, atau setara dengan materi baja yang cukup untuk digunakan membangun 60 Menara Eiffel.

Sekitar 30 km dari panjang totalnya melintas lautan delta Sungai Mutiara. Dan untuk memungkinkan dilewat kapal laut, terdapat 6,7 km bagian di tengah dips ke terowongan bawah laut yang membentang antara dua pulau buatan. Jembatan ini adalah bagian dari rencana Tiongkok untuk menciptakan Greater Bay Area, termasuk Hong Kong, Makau dan sembilan kota lainnya di Tiongkok selatan.

Sebelum adanya jembatan ini, perjalanan antara Zhuhai dan Hong Kong akan memakan waktu hingga empat jam, dan kini, para pengendara dapat memotong 30 menit dari waktu berkendara mereka dengan akses tersebut. Bagi mereka yang ingin menggunakan fasilitas jembatan ini, harus mengikuti izin khusus, yang dialokasikan oleh sistem kuota. Dan Seperti halnya jalan tol, semua kendaraan melintasi jembatan ini, akan dikenakan tarif dan tidak melayani transportasi umum.

Awalnya diperkirakan setidaknya 9.200 kendaraan akan menyeberangi jembatan ini setiap hari. Estimasi itu kemudian diturunkan setelah jaringan transportasi baru dibangun di wilayah itu. Para pejabat Tiongkok juga memperkirakan jika jembatan yang disebut jembatan kematian akan menghasilkan 10 triliun yuan untuk perekonomian Tiongkok.

Menurut perkiraan,BBC Cina, jembatan ini nantinya, hanya akan menghasilkan sekitar $86 juta dolar dari pendapat tol per tahunnya dan sepertiga dari pendapatan itu, akan dihabiskan untuk biaya pemeliharaannya. (ruf/fin)