Antisipasi Bencana Musim Hujan, Pasukan dan Sarana Disiagakan

oleh -4 views
siaga-bencana
APEL SIAGA BENCANA: Pasukan gabungan ikut apel kesiapan siagaan antisipasi menghadapi bencana, Rabu (21/11). FOTO: ANWAR BAEHAQI/RADAR  MAJALENGKA

MAJALENGKA – Menghadapi musim hujan, Pemerintah Kabupaten Majalengka telah menyiapkan sarana dan prasarana untuk menghadapi bencana yang akan timbul. Selain itu, apel siaga bencana dilaksanakan di Alun-alun Kabupaten Majalengka, Rabu (21/11).

“Kita siapkan antisipasi datangnya bencana banjir, kebakaran, pohon tumbang, angin puting beliung pokoknya kita siapkan dengan peralatan dan personel yang ada,” ungkap Plt Bupati Majalengka, Karna Sobahi, usai apel siaga.

Karna menginginkan, di setiap stakeholder dapat menangani dengan cepat ketika ada bencana. Apel juga untuk meninjau kesiapan setiap dinas dalam menangani bencana.

“Diharapkan, apel ini dapat menyiagakan antisipasi penanggulangan bencana. Tidak hanya banjir tetapi kebakaran dan lainnya,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Majalengka AKBP Mariyono mengatakan, apel Siaga Bencana tahun 2018 bertujuan untuk meningkatkan sinergi Polri dengan instansi terkait dalam rangka penanggulangan bencana alam. Sehingga harapannya, bencana bisa diminimalisasi sedini mungkin.

“Kami siapkan personel dan keamanan, menolong kita sudah siapkan. Jadi kalau ada kejadian kita sudah tahu perannya, mengamankan tempat kejadian. Koordinasi, waktunya 24 jam siap membantu,” ungkap Mariyono.

Sementara itu, Dandim 0617/Majalengka, Letkol Arm Novi Herdian mengatakan, TNI juga telah menyiapkan peralatan siaga bencana untuk membantu korban. Mobil dan tenda pengungsian sudah disiapkan di tiap wilayah.

“Kami berharap kerja sama antar stakeholder dalam penanggulangan bencana dapat terwujud. Agar korban jiwa dan materil bisa diminimalisir,” tandasnya.

Pantuan di lapangan, apel siaga bencana itu, juga dihadiri Danlanud S. Sukani, Letkol Pnb Arnold F Sitorus. Selain itu, hadir PMI, BNPB, Dinas Perhubungan, Tagana, dan petugas penanganan prasarana dan sarana umum (PPSU) atau lebih dikenal pasukan oranye. (bae)