Ketua DPRD Kabupaten Cirebon Minta Guru Harus Tetap Belajar

oleh -40 views
Guru Nasional (HGN) dan HUT PGRI ke 73 di Kecamatan Palimanan. FOTO:SAMSUL HUDA/RADAR CIREBON
Guru Nasional (HGN) dan HUT PGRI ke 73 di Kecamatan Palimanan. FOTO:SAMSUL HUDA/RADAR CIREBON

CIREBON-Kualitas guru harus ditingkatkan. Perannya sangat besar dalam mencetak generasi bangsa. Pendidikan penguatan karakter siswa lebih dikedepankan. Sebab, tantangan semakin berat di masa mendatang. Mengingat dinamika perubahan yang begitu cepat.

Demikian disampaikan Ketua DPRD Kabupaten Cirebon H Mustofa SH usai melepas peserta jalan santai dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2018 dan HUT PGRI ke 73 di Kecamatan Palimanan, Sabtu (24/11).

Menurutnya, guru juga harus menjadi sumber keteladanan. Oleh sebab itu, momentum HGN ini dijadikan sebagai refleksi para pendidik untuk lebih profesional. Apalagi, masa depan generasi bangsa ada di tangan guru.

“Bagi kami, peringatan hari guru juga menjadi titik evaluasi yang strategis bagi pengambilan kebijakan seperti menjadi kompeten, profesional, terlindungi, sejahtera dan mulia. Bagaimanapun harus diakui bahwa masih banyak persoalan guru yang belum sepenuhnya teratasi,” tandas politisi PDI Perjuangan itu.

Selain adanya peningkatan kualitas, sambung pria yang akrab disapa Jimus itu, diharapkan adanya perubahan mindset guru yang bukan lagi sebagai pengajar melainkan sebagai pembelajar. Artinya, meskipun profesi guru tapi harus tetap terus belajar.

Sehingga, wawasan keilmuannya bisa ditransformasikan lagi ke peserta didik. disamping itu, guru pun harus bisa mengarahkan siswanya agar tidak terpaku pada guru saja dalam proses belajar. (sam)