PSA DPUPR Fokus Perbaikan Drainase

oleh -26 views
DPUPR fokus pada drainase di Kota Cirebon. Di sejumlah titik, terdapat sumbatan karena sampah dan sedimentasi. FOTO: AGUS RADARIBET/RADAR CIREBON
DPUPR fokus pada drainase di Kota Cirebon. Di sejumlah titik, terdapat sumbatan karena sampah dan sedimentasi. FOTO: AGUS RADARIBET/RADAR CIREBON

CIREBON-Usai melakukan normalisasi Sungai Kedungpane, sebagian Sungai Kalijaga dan Pengampaan, Bidang PSA DPUPR fokus pada drainase kota. Di sejumlah titik, terdapat sumbatan karena sampah dan sedimentasi.

Kepala Bidang PSA H Syarif mengungkapkan, banyak laporan mengeluhkan kondisi drainase. Terutama karena sumbatan sampah. “Untuk sungai sudah, sekarang kita fokusnya ke drainase,” ujar Syarif kepada Radar Cirebon.

Salah satu yang menjadi perhatian ialah saluran di depan Polsek Utara Barat. Dia mendapatkan laporan langsung dari kapolsek, drainase di Jl Tuparev macet. Dari survei lokasi, ternyata banyak tumpukan sampah. Sehingga mudah menggenang saat turun hujan. “Kami langsung meninjau lokasi dan membuat perencanaan perbaikan dan pembersihan,” katanya.

Laporan juga masuk dari perumahan dan wilayah lainnya. Seperti Majasem,  Kalitanjung, Kesambi, dan Gunungsari. Umumnya permasalahannya sama drainase yang rusak dan tertutup sampah dengan kondisi bervariasi. Untuk itu, PSA sudah berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) khususnya Bidang Persampahan untuk bersama-sama mengatasinya.

Pihaknya tidak bisa menanganinya sendiri, untuk pekerjaan perbaikan drainase, sebelumnya sampah harus dibersihkan dan diangkut. Karenanya bidang persampahan yang menangani, dan koordinasi ini berjalan baik. “Sinergi ini akan berkelanjutan, dengan tiap bulan melakukan rapat bersama, ini lebih realistis dibandingkan dengan meminta bantuan dari instansi vertikal,” tegasnya. (gus)