Wujudkan Kuningan Maju Berbasis Desa 2023, Sekda Kumpulkan Kades

oleh -23 views
sekda-bahas
VISI MISI: Sekda Dian Rachmat Yanuar menyampaikan visi misi Kabupaten Kuningan di hadapan para kepala desa, kemarin. Foto: Agus Panther/Radar Kuningan

KUNINGAN – Sekretaris Daerah (Sekda) Dian Rachmat Yanuar mengumpulkan para kepala desa (kades) di Kabupaten Kuningan. Sejumlah kades dikumpulkan untuk membahas terkait penggunaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2019.

Pembahasan itu dihadiri pula Asda I Setda Kuningan Maman Hermansyah, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kuningan Apang Suparman serta perwakilan dari Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kuningan.

Pertemuan itu pun membahas mengenai visi misi pemerintah daerah menuju Kuningan Maju (Makmur, Agamis, Pinunjul) Berbasis Desa Tahun 2023.

“Di mana program Bupati Kuningan lima tahun ke depan itu ingin membangun pemerintahan yang profesional, yang menjadi satu kesepahaman dengan pemerintah desa. Dari visi dan misi tersebut, akan menjadi pilar untuk mewujudkan Kuningan yang Maju Berbasis Desa,” kata Sekda Dian Rachmat Yanuar dalam keterangan persnya, Selasa (11/12).

Dian memaparkan, Kabupaten Kuningan akan semakin maju di kala desanya juga maju. Kuningan akan semakin makmur di kala desanya juga makmur, dan Kuningan akan menjadi kabupaten yang sangat sejahtera apabila desanya juga sejahtera.

“Banyak program dalam mewujudkan visi dan misi tersebut. Salah satunya adalah dengan program 1.000 beasiswa bagi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis yang baik, untuk dikuliahkan di perguruan tinggi ternama dan dibiayai pemerintah daerah, dikhususkan bagi keluarga yang tidak mampu,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut dia, rencana pembangunan infrastruktur. Pemerintah daerah akan merevitalisasi 1.000 kilometer jalan poros desa, jaringan irigasi, dan 25 desa wisata. Pada rapat dengan Apdesi Kabupaten Kuningan tersebut, difokuskan pada 25 desa wisata dan 100 desa pinujul, serta isu-isu strategis lainnya yang harus disinergikan dengan program yang ada di desa. (ags)