Tahun Ini 300 Kasus DBD di Kabupaten Cirebon

oleh -10 views
DBD-PIXABAY
Ilustrasi. Foto: Pixabay.com

CIREBON – Dinas Kesehatan (dinkes) mengklaim kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Cirebon terus mengalami penurunan setiap tahun. Selama tahun ini, dinkes mengungkap sekitar 300 kasus DBD. Angka tersebut, jauh lebih sedikit dibanding tahun sebelumnya.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Nanang Ruhyana mengatakan, kasus DBD setiap tahunnya selalu mengalami penurunan. Dari tahun 2016 hingga 2018 ini, selalu menurun.

Dari data yang diungkap, pada 2016 jumlah kasusnya mencapai 800. Kemudian pada 2017 sebanyak 400 kasus. Terakhir tahun ini menurun drastis di angka 300 kasus.

Penurunan terus terjadi, lanjut Nanang, karena saat ini dinkes lebih mengedepankan pencegahan ketimbang pemberantasan DBD. Caranya, memberikan sosialisasi pencegahan DBD kepada masyarakat. Selain itu, dinkes selalu melibatkan semua puskesmas dalam upaya pencegahan dan pemberantasan DBD di tengah masyarakat.

“Kita juga libatkan puskesmas, karena puskesmas yang mengetahui kondisi masyarakat. Oleh sebab itu, kita libatkan puskesmas untuk memberikan sosialisasi dan pengarahan kepada masyarakat,” jelas Nanang.

Program 3M (mengubur, menguras, serta menutup) dan PHBS masih terus dilaksanakan di tengah masyarakat. “Alhamdulillah, masyarakat sampai saat ini masih melaksanakan  gerakan 3M, serta perilaku hidup bersih dan sehat.  Sehingga, bisa menghambat perkembangan DBD,” tutur Nanang.

Dinkes juga menargetkan satu rumah, satu jumantik (juru pemantau jentik). Maksudnya, dalam satu rumah itu minimal ada satu orang yang mendiami rumah tersebut, peduli terhadap pencegahan penyakit DBD.

Misal, ketika ada jentik nyamuk di bak mandi langsung dibersihkan. Ada yang kotor-kotor bisa langsung dibersihkan.

Nanang mengungkapkan, saat ini merupakan peralihan musim dari kemarau ke musim hujan. Sangat rawan terjadinya kasus DBD. Ketika air hujan masih sedikit, hujan masih jarang, justru itu yang sangat rawan terhadap kejadian DBD. Namun ketika di puncak musim hujan itu potensi DBD sedikit. (den)