2019, Pemkab Cirebon Fokus Turunkan Angka Kemiskinan, Bisa?

Angka kemiskinan di Kabupaten Cirebon masih cukup tinggi. Tahun 2019 ini, pemerintah berupaya menurunkan kemiskinan dengan target 9,45 persen. FOTO:DENY HAMDANI/RADAR CIREBON
Angka kemiskinan di Kabupaten Cirebon masih cukup tinggi. Tahun 2019 ini, pemerintah berupaya menurunkan kemiskinan dengan target 9,45 persen.FOTO:DENY HAMDANI/RADAR CIREBON

CIREBON-Tahun 2019 ini, program penanggulangan kemiskinan tetap menjadi prioritas Pemerintah Kabupaten Cirebon. Targetnya, penurunan angka kemiskinan sampai 9,45 persen.

Kabid Pemerintahan, Sosial dan Budaya Bappelitbangda Kabupaten Cirebon Agung Gumilang mengatakan, kemiskinan adalah ukuran sukses atau tidaknya sebuah pemerintahan. Maka, prioritasnya utamanya tetap penanggulangan kemiskinan. “Dalam musrenbang juga sudah banyak program-program penanggulangan kemiskinan,” ungkapnya.

Agung menuturkan, Pemkab Cirebon menargetkan penurunan angka kemiskinan di tahun 2019. Saat ini, posisi di 10,7 persen, target turun jadi 9,45 persen pada tahun depan. Tidak hanya pada tahun 2019, program penanggulangan kemiskinan juga tetap dilaksanakan tahun 2020 sesuai Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD).

“Tema dan prioritas pembangunan tahun 2020 adalah memacu pemerataan pembangunan, pertumbuhan ekonomi berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan Kabupaten Cirebon. Meskipun banyak program, namun semuanya akan bermuara kepada penanggulangan kemiskinan,” tuturnya.

Ada sekitar tujuh isu strategis yang dibawa dalam RKPD tahun 2020. Yakni kualitas SDM, pertumbuhan pemerataan ekonomi, kemiskinan masih di angka 10,7 persen, infrastruktur wilayah, reformasi birokrasi, lingkungan hidup, serta kondusivitas wilayah. (den)